Laut
Coral Triangle Center (CTC) telah membuka kembali Pusat Konservasi Laut (Center for Marine Conservation) di Sanur dengan mengedepankan proyek terbarunya, Escape Room SOS Plastic Danger. Sumber Foto : aar/bpn

Meningkatkan penyadartahuan masyarakat yang bermuara pada perubahan perilaku juga menjadi tujuan utama dari desainer Escape Room ‘SOS Plastic Danger’ dan ‘SOS from the Deep’ Aram Leeuw. Menurut desainer asal Belanda dan peraih penghargaan ini, masyarakat perlu diingatkan secara terus-menerus tentang pentingnya melindungi laut dari beragam ancaman, namun dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, pesan penting dari kegiatan pembelajaran yang menyenangkan ini dapat terus teringat dan terlaksana di kehidupan mereka sehari-hari.

“Saya harap masyarakat sadar bahwa selalu ada konsekuensi di balik setiap tindakan yang kita pilih dan kita seharusnya mengetahui konsekuensi tersebut. Dengan begitu, kita seharusnya dapat memilih tindakan yang benar,” ujar Aram saat dihubungi secara virtual dari Belanda.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Berikan Penghargaan Bagi Calon Pensiunan PNS

Untuk memastikan keselamatan setiap orang pada situasi pandemi, CTC memastikan seluruh staf dan pemain wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti mengurangi jumlah pemain menjadi maksimal empat orang di satu ruangan, mengukur suhu tubuh sebelum memasuki wahana Escape Room, mengharuskan para pemain untuk mengenakan masker pelindung wajah, dan mensterilkan fasilitas Escape Room setelah selesai digunakan dan sebelum memulai sesi permainan baru Untuk dapat bermain Escape Room SOS Plastic Danger, para pemain dapat melakukan reservasi secara daring melalui www.sosfromthedeep.com setidaknya satu hari lebih awal.

Fasilitas di Center for Marine Conservation buka setiap hari mulai pukul 09.30–20.00 WITA. Harga tiket untuk sekali main adalah Rp180.000 bagi dewasa dan Rp150.000 untuk anak-anak, dengan durasi permainan sekitar dua jam. Seluruh pendapatan dari Escape Room akan digunakan untuk mendukung upaya konservasi laut di lapangan oleh CTC di seluruh Indonesia dan di dalam kawasan Segitiga Terumbu Karang.

Baca Juga :  Peringati Serangan Umum Kota Denpasar Ke-78 Tahun, Wawali Arya Wibawa Laksanakan Tabur Bunga dan Serahkan Bantuan Kepada Veteran

Setelah menyelesaikan permainan, para pemain dapat mengambil foto secara berkelompok pada sudut foto yang telah disediakan. Foto-foto para pemenang, termasuk kesan dan pesan mereka, dapat dilihat di linimasa dan kisah pada akun Instagram @sosfromthedeep. Tentu saja, pemain dapat mengunggah ulang foto mereka melalui akun media sosial mereka masing-masing. Hanya saja, jangan lupa untuk menandai @sosfromthedeep dan @coraltrianglecenter. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News