Pesta Kesenian Bali
Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, dan Wakil Ketua Dekranasda, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa serta Ketua Gatriwara DPRD Kota Denpasar Ny. Ayu Purnawati Ngurah Gede berfoto bersama dengan para desainer Denpasar dalam Lomba Busana Duta Denpasar pada PKB XLIII, Minggu (20/6/2021) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peragaan busanan dalam lomba kewanitaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII diikuti Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Denpasar menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, Minggu (20/6/2021) di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Centre Denpasar.

Pada lomba fashion PKB tahun ini, dari sinergitas TP PKK Denpasar dengan Dekranasda Denpasar mengikuti semua kategori perlombaan. Meliputi Lomba Busana Kerja Adat Bali berpasangan, Busana Pesta (Coktail) Endek berpasangan, dan Busana Casual Endek berpasangan. Tiga orang desaniner Kota Denpasar terlibat dalam perhelatan peragaan busana yang berbahan dasar kain tenun ikat endek.

Dalam ajang ini binaan Dekranasda Denpasar berhasil meraih Juari I Lomba Busana Kerja Adat Bali berpasangan, Juara I Lomba Busana Casual berpasangan, dan Juara II Lomba Busana Cocktail berpasangan.

Pelaksanaan lomba disaksikan Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster dan dukungan Duta Denpasar dihadiri Ketua TP. PKK Denpasar, sekaligus Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, dan Wakil Ketua Dekranasda Denpasar yang juga selaku Istri Wakil Wali Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Sekretaris TP. PKK Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.

Baca Juga :  Masuki Usia 29 Tahun, Wawali Arya Wibawa Harap Pertuni Kota Denpasar Optimalkan Akomodasi Kalangan Tunanetra

Tampak di atas panggung Ksirarnawa, tiga pasang model duta Kota Denpasar bersaing bersama desainer dari tujuh kabupaten/kota berpakaian adat, hingga casual. Model Catwalk Denpasar yang tampak cantik, anggun dan menawan mengenakan desain pakaian dari masing-masing desainer.

Sebagai peserta pertama dalam Lomba Busana Kerja Adat Bali berpasangan, peragaan busana Denpasar di dominasi dengan warna kain tenun ikat endek merah yang diserasikan dengan warna hijau dan biru kain endek. Begitu juga pada pakaian casual berpasangan tampak elegan dengan warna ungu dan kombinasi warna endek yang sangat menawan. Pakaian cocktail berpasangan juga tak kalah anggun pasangan model catwalk yang mengenakan corak warna kain tradisional endek Bali.

Baca Juga :  Jajal New Honda Stylo 160, Astra Motor Bali Ajak Media Rasakan Performa Agresif

Ny. Sagung Antari Jaya Negara selaku Ketua TP PKK dan sekaligus Ketua Dekranasda Denpasar menyampaikan bahwa pada perhelatan peragaan busana dalam rangka PKB XLIII, melibatkan tiga desainer Kota Denpasar. Yakni Busana kerja adat Bali berpasangan, desainer Sutrisna Sari Dewi, desainer Busana coktail Endek berpasangan Katrin Sutajaya, dan Busana casual Endek berpasangan desainer Lusi Damayanti.

Dalam perhelatan PKB tahun ini pihaknya memberikan kesempatan bagi desainer Denpasar yang telah mampu menuangkan kreativitas dalam hal balutan kain tenun endek menjadi pakaian jadi sesuai dengan kriteria yang di lombakan. Terlebih dalam masa pandemi saat ini dengan pelaksanaan PKB yang memberikan ruang kepada insan seni dan kreatif untuk terus berkreativitas meski dalam keterbatasan pandemi Covid-19.

“Persiapan bersama desainer dan perajin Denpasar sudah dilaksanakan jauh-jauh hari sebelumnya dan juga dilaksanakan pembinaan, dalam mempersiapkan karya dan model untuk tampil dalam lomba kali ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Pasca Pemilu, Kominfo Ajak Masyarakat Rajut Harmoni Bersatu Membangun Negeri

Semoga hasil karya dari desainer Denpasar dapat diterima masyarakat untuk dijadikan sebuah model pakaian jadi baik itu untuk ke kantor, sehari-hari, maupun pakaian dalam menghadiri kegiatan lainnya.

“Perhelatan dapat menjadi sebuah pacuan semangat bagi desainer dan perajin Denpasar untuk terus berkarya, tidak saja di daerah maupun di tingkat nasional dan internasional, serta kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dari desainer Denpasar untuk tetap dan terus berkarya,” ujarnya.

Sutrisna Sari Dewi salah satu Desianer Denpasar mengucapkan terima kasih keada Dekranasda Denpasar yang terus memberikan pembinaan dalam setiap kegiatan. Dalam PKB tahun ini berkesempatan turut serta sebagai wakil Denpasar pada lomba peragaan busana pakaian adat ke kantor berpasangan.

“Tentu ini menjadi sebuah tantangan bagi kami sebagai desainer untuk terus melakukan terobosan desain tenun ikat endek dalam memadukan warna maupun model pakaian,” ujarnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News