Sampah
Bupati Suradnyana Dukung Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Sumber Foto : Istimewa

Bupati Suradnyana berharap, dalam pengimplementasian Pergub ini harus ada sinergitas antara Desa Dinas dan Desa Adat.

“Saya minta tolong kepada Bapak Gubernur agar implementasi Pergub nomor 47 ini, tolomg adakan FGD dimasing-masing Kabupaten, jadi kita akan lihat potret-potret masing-masing Adat dan Dinas di masing-masing Kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, Pergub ini harus dijalankan di setiap desa. Namun dirinya juga mengizinkan desa-desa untuk melakukan kreatifitasnya dalam pengelolaan sampah.

“Ini bukan satu-satunya cara, Desa Adat dan Desa Dinas bisa membuat kreasi baru atau model baru yang lebih bagus,” ucapnya.

Baca Juga :  Diterimanya Usulan Pinjaman PEN Buleleng Tergantung Kriteria dari Pemerintah Pusat

Gubernur Koster menegaskan, masalah sampah harus selesai dengan cara gotong royong. Dirinya meminta, urusan sampah harus selesai di tingkat desa.

“Permasalahan sampah harus diselesaikan secara gotongrotong, bukan hanya membebani Pemerintah,” tegasnya.

Gubernur Koster juga berencana akan menggelar lomba desa. Lomba desa diikuti desa yang mampu menerapkan nilai-nilai filosofi Sad Kerthi. Diharapakan Desa/Kelurahan dan Desa Adat setempat beserta seluruh komponen masyarakat bersinergi untuk ikut berperan aktif.

“Lomba akan dilaksanakan 2021 dan akan diumumkan pada akhir tahun. Astungkara ini berjalan di seluruh Kabupaten/Kota dan pada tahun 2023 kita bisa deklarasikan Bali bersih dari sampah,” tandasnya.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini