Pemuda Buleleng
Bupati Agus Suradnyana Minta Pemuda Buleleng Jadi Penggerak Ekonomi Lokal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta kepada seluruh anak muda di daerahnya untuk menjadi pelopor dan penggerak ekonomi lokal. Guna membangkitkan kembali gairah perekonomian di Kabupaten Buleleng.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti podcast dengan tim dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dengan tajuk ‘Santai Sejenak’. Podcast dipandu oleh Muhammad Assad dan diikuti juga oleh pelaku pariwisata Desa Sudaji, Zanzan yang digelar di Om Unity Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Minggu (6/6/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan saat ini Buleleng sedang mencoba untuk bangkit di bidang perekonomian dengan mengupayakan peningkatan khususnya di bidang Pariwisata. Tentunya pariwisata yang diintegrasikan dengan pertanian dan alam. Menuju hal tersebut, pariwisata berbasis komunitas sedang digalakkan. Dengan begitu, desa akan menerima penghasilan dan perekonomian di desa akan bergerak untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi.

“Desa akan terus bergerak. Tentunya dengan tokoh penggerak yang diharapkan di desa yaitu pemuda,” jelasnya.

Baca Juga :  Pendatang Baru, ASHA Lepas Single "Lakar Satya"

Terkait dengan pemuda sebagai tokoh penggerak ekonomi lokal di desa, edukasi perlu dilakukan. Bagaimana masyarakat bisa menerima desanya dikembangkan sebagai desa wisata yang dikelola oleh komunitas. Caranya tentu harus ada yang bisa menggerakkan aspek kehidupan di desa. Masyarakat bisa tersentuh langsung dengan pariwisata berbasis komunitas ini. Kemudian yang paling dekat ialah tentu kelompok-kelompok pemuda yang bisa membangun pertaniannya, menggerakkan kebudayaan dan pariwisatanya.

“Ketika kita ingin anak muda mau membangun Buleleng, harus ada hal yang menjanjikan untuk kehidupan mereka ke depan. Ini yang harus diformatkan dan diyakinkan dengan baik. Seperti petani muda keren, itu sesuatu yang luar biasa. Petani milenial juga menjanjikan. Jadi harus diberikan gambaran kalau tinggal dan membangun buleleng ini juga menjanjikan,” ucap Agus Suradnyana.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini