Gong Kebyar
Sekaa Gong Bala Adhi Kara Desa Dawan Tetap Tampil Maksimal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Sekaa Gong Bala Adhi Kara Desa Dawan Kaler terpilih mewakili Kabupaten Klungkung pada Parade Gong Kebyar Dewasa Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021.

Tampil bersama Duta dari Kabupaten Tabanan, Sekaa Gong Bala Adhi Kara tetap tampil maksimal walau tanpa penonton di Panggung Terbuka Ardha Candra Denpasar, Minggu (23/5/2021).

Pementasan tersebut dihadiri langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara serta undangan terkait lainnya.

Bupati Suwirta sangat mengapresiasi semangat dan kekompakkan yang di tampilkan oleh Sekaa Gong Bala Adhi Kara Desa Dawan Kaler, dimana dalam penampilannya menampilkan Tabuh Kutus Pagongan Kreasi, Tari Kreasi Kakebyaran, dan Tari Kreasi Bebarisan.

“Matur suksma Sekaa Gong Bala Adhi Kara Desa Dawan Kaler sebagai Duta Kabupaten Klungkung yang sudah tampil luar biasa,” ucap Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana adapun tiga tarian yang ditampilkan diantaranya Tari Kreasi Kekebyaran ‘Samahita Patni’, tarian yang digarap secara berkelompok ini mengisahkan tentang kegigihan kaum perempuan Bali yang memilki keberanian layaknya kaum laki-laki di dalam berperang menghadapi penjajah.

Baca Juga :  FOPI Kota Denpasar Gelar Sosialisasi dan Kejuaraan Petanque Triple Open Tingkat SD

Kemudian Tari Baris Pertiwa merupakan tari baris pemendak atau baris prosesi. Sedangkan tabuh Ketus Lelambatan Kreasi ‘Kalpa Wreksa’ sebagai konsep merupakan arti dari pohon kebebasan/kebahagiaan atau keabadian yang digunakan masyarakat Bali dalam sebuah upacara pengeroras yang bertujuan memberikan kebebasan, kesempurnaan dan kebahagiaan kepada sang pencipta.

Sementara, Utsawa (Parade) pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 ini mengambil sebuah tema Purna Jiwa; Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Nafas Pohon Kehidupan). Utsawa Gong Kebyar Dewasa ini dilaksanakan secara daring, sedangkan rekaman tayang tundanya akan ditayangkan melalui media TVRI Bali dan TV Swasta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini