Benih Ikan Nila
Wabup Suiasa saat melaksanakan penebaran 20.000 benih ikan nila di Beji Pura Dalem Pande, Br. Belawan Abiansemal Dauh Yeh Cani, Selasa (18/5/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sebagai upaya dalam melestarikan ekosistem perairan tawar sekaligus mendorong program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di wilayah Kabupaten Badung, Wakil Bupati I Ketut Suiasa melaksanakan penebaran 20.000 benih ikan nila di Beji Pura Dalem Pande, Br. Belawan Abiansemal Dauh Yeh Cani, Selasa (18/5/2021).

Kegiatan yang bersinergi dengan STT. Putra Marapi Br Belawan, Abiansemal Dauh Yeh Cani tersbut turut dihadiri oleh Kadis Perikanan Nyoman Suardana, Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa, Kapolsek Abiansemal Ruli Agus Susanto, Perbekel Dauh Yeh Cani I Made Budiana, Kelian Dinas Br. Belawan Gusti Nyoman Buda Adnyana, Kelian Adat Br. Belawan Nyoman Suranata serta Ketua STT. Putra Marapi Made Pandeana.

Baca Juga :  Mendarat di Bali, Timnas Wanita U-17 Thailand Genapi 8 Tim Kontestan AFC U-17 Women's Asian Cup 2024

Pada kesempatan itu Wakil Bupati I Ketut Suiasa menyampaikan bahwa penebaran benih ikan di perairan umum adalah dalam rangka untuk menambah stok ikan tangkapan dan sekaligus mengembalikan fungsi perairan umum sebagai ekosistem akuatik.

“Kegiatan ini, merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam pengelolaan perairan umum serta upaya penyediaan sumber pangan ikan bagi masyarakat,” ujar Suiasa.

Menurut Suiasa pengelolaan kekayaan biota hayati dan menjaga ekosistem akuatik secara baik, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan.

“Mari kita rawat alam ini dengan sebaik mungkin dan manfaatkan kekayaannya dengan sebijak mungkin. Menjaga kebersihan dan ekosistem akuatik menjadi tanggung jawab kita semua, sinergi antara masyarakat, pemuda dan pemerintah daerah,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Buka Turnamen Botuna Futsal Competition 2024, Ajak Gen Z Gaungkan Olahraga dan Sportivitas

Terkait dengan program Gemarikan Suiasa menambahkan bahwa pembangunan subsektor perikanan di Kabupaten Badung merupakan bagian penting dari upaya mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Dimana Kegiatan tebar benih ikan (restocking) yang dilakukan Pemkab Badung seiring dengan meningkatnya konsumsi ikan oleh masyarakat.

“Program gemarikan merupakan upaya kita dalam meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, mengingat ikan merupakan sumber pangan dengan nilai gizi tinggi namun dengan harga yang ekonomis. Tentu ini menjadi sangat relevan untuk menyikapi kondisi yang ada saat ini,” jelasnya seraya menyebut bahwa program Gemarikan di Kabupaten Badung diinisiasi oleh Dinas Perikananan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News