Wisata
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Usai menyerahkan bantuan sarana olahraga bola volly, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melanjutkan untuk meninjau potensi wisata spiritual di Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Sabtu (1/5/2021).

Potensi wisata spiritual tersebut berupa mata air yang dijadikan tempat pesucian/melasti yang ada disebelah barat Desa Bakas, tepatnya disekitar aliran sungai/tukad melangit. Bersama Kepala Dinas Pariwisata, A.A Gede Putra Wedana, Camat Banjarangkan, Dewa Komang Aswin, OPD terkait, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat, Bupati Suwirta melihat dari dekat lokasi destinasi wisata tersebut. Posisi tempat pesucian ini berada dibawah tebing.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Untuk mencapainya, Bupati bersama rombongan harus menyusuri jalan setapak ditengah sawah. Dilanjutkan dengan menuruni puluhan anak tangga yang terbuat dari beton. Sebelum mencapai lokasi tempat pesucian, pemandangan indah tersaji ditengah perjalanan. Dari atas terlihat pepohonan hijau dan lembah dengan aliran sungai/tukad melangit.

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu menyampaikan saat ini Pemkab Klungkung sedang serius untuk pemberdayaan desa wisata dan ini salah satu potensi yang kita support. Untuk mensukseskan program ini tidak cukup hanya di Pemeritah Daerah saja, tetapi perlu adanya kerjasama yang baik dari perangkat desa.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

“Kami di Pemerintah Daerah sangat men-support pengembangan destinasi wisata di Desa Bakas ini, saya sudah melihat perencanaannya. Kerjasama yang baik antara Pemerintah daerah dengan Perangkat daerah tentu terus dilakukan agar destinasi wisata ini bisa berkembang dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga menambahkan semua potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Bakas ini termasuk modalnya/keuangan itu bisa dibuatkan konsorsium, sehingga desa wisata ini bisa dimilki oleh Desa Bakas itu sendiri baik itu BUMDes, Pokdarwis atau mungkin bisa dimilki oleh semua warga yang memilki kemampuan finasial.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

“Jadi tetap terus semangat mengembangkan potensi Desa Wisata ini dengan bentuk konsep konsorsium, sehingga desa wisata ini bisa dimilki oleh warga disini,” harap Bupati Suwirta sembari memberikan support kepada Desa Bakas.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News