Pancasari
Kapolda Bali Resmisikan Pos Polisi Pancasari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bangunan Pos Pol Pancasari berdiri diatas tanah yang diberikan oleh Perbekel pancasari secara cuma-cuma pada bulan juli tahun 1984, namun tidak didukung oleh administrasi yang lengkap dan berlokasi di pinggir jalan Singaraja Denpasar seluas 22,5 m2 x 13,5 m2 dari tahun 2009 lahan tersebut telah diminta oleh pemilik lahan atas nama nama I Made Loka yang mengaku sebagai ahli waris Nengah Maria sebagai pemilik sertifikat lahan .

Menindak lanjuti permintaan I Made Loka tersebut tersebut Kapolres Buleleng pada tahun 2010 menerima sebidang tanah  dari PT. Sarana Buana Handara  seluas 515 m2 yang berlokasi di pinggir jalan Singaraja Denpasar wilayah Desa Pancasari Kec. Sukasada Kab. Buleleng dengan perjanjian pinjam pakai selama Polri membutuhkan lahan tersebut.

Baca Juga :  Hadirkan Promo Menarik, All New Honda PCX160 Sapa Konsumen di Pasar Banyuasri Singaraja

Perjanjian tersebut kemudian dikukuhkan dengan akta Notaris nomor 171/dibukukan/2010 tertanggal 19 Desember 2010. Surat akta notaris yang dibuat oleh pejabat pembuat akta tanah Drs. I Gede Purwaka, SH tersebut ditandatangani oleh pihak pertama yaitu Direktur PT. Sarana Buana Handara Bapak Lauza Ibnu Sutowo dan pihak kedua oleh Kapolres Buleleng saat itu Bapak AKBP Drs. M. Yudi Hartanto.

Mengingat jalur Sukasada – Pancasari – Bedugul sering terjadi kemacetan lalu lintas dan juga rawan bencana alam seperti tanah longsong dan pohon tumbang serta adanya obyek wisata di Daerah Pancasari dan sangat diperlukan kehadiran Polri sebagai pelayan dan memberikan pengamanan maka sangat dibutuhkan dan diperlukan Pos Pol Pancasari.

Baca Juga :  Polsek Tejakula Berhasil Amankan Terduga Penebangan Pohon Sonokling

Untuk memanfaatkan lahan tersebut kemudian Kapolres Buleleng saat itu AKBP Muhamad Harry Hariadi mendirikan  pos pol sementara yang ditempati Sat lantas Polres Buleleng yang dinamakan pos wira satya Polres Buleleng pada bulan April 2016.

Karena adanya desakan dari pemilik lahan pos pancasari untuk segera dikembalikan, maka pada hari Jumat tanggal 05 Maret 2021, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K., M.H. meninjau lahan pos wira satya tersebut yang digunakan juga sebagai Pos Pol Pancasari yang baru. Setelah itu dilakukan perehaban sejak pada tanggal 18 maret 2021  dikerjakan oleh Winakara Architect and Contractor.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here