Sungai
Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod Bersihkan Saluran Tukad Lobong. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya mencegah banjir saat musim hujan, Tim Kebersihan Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod secara rutin membersihkan saluran sungai yang ada diwilayahnya. Kali ini aksi bersih saluran sungai dilaksanakan di Tukad Lobong Jalan Merdeka Banjar Tanjung Bungkak Kelod, Jumat (7/5/2021).

Perbekel Desa Sumerta Kelod. I Gusti Ketut Anom Suardana mengatakan, pelaksanaan pembersihan sungai ini merupakan antisipasi luapan air akibat peningkatan curah hujan dan peningkatan volume sampah.

“Sehingga Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod rutin melaksanakan aksi bersih-bersih sungai,” ungkapnya.

Dalam aksi ini pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai. Mengingat sampai saat ini banyak masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai masih ada yang membuang sampah ke sungai.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

“Air merupakan sumber kehidupan untuk itu kami ajak masyarakat bersama sama ikut menjaga kebersihannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anom Suardana mengaku Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod setiap harinya telah memiliki tugas pokok di setiap  wilayahnya untuk melakukan pembersihan sungai di posnya masing-masing. Sedangkan setiap minggu sekali mereka bergabung untuk melakukan aksi bersih-bersih sungai.

Anom Suardana menambahkan Desa Sumerta Kelod juga memiliki Tim Respon Cepat khusus untuk menangani permasalahan emergency dan kedaruratan. Dengan dibentuk tim tersebut dapat menangani   permasalahan di wilayah desa. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News