Posyandu
Dokter sedang memaparkan materi edukasi kesehatan kepada para Kader Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) Desa Kalihurip, Karawang, Jawa Barat secara daring (21/4/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA –  PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar edukasi kesehatan secara daring bagi kader Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) dan masyarakat Desa Kalihurip, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (21/4/2021). Program ini diharapkan melahirkan Kartini masa kini di bidang kesehatan yang mengabdikan diri demi pertumbuhan anak dan kesehatan ibu.

Kegiatan edukasi kesehatan merupakan bagian dari program POSYANDU Satu Hati yang dikembangkan AHM untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di posyandu daerah binaan.

Dalam kegiatan ini, para kader posyandu mendapatkan penyuluhan kesehatan seperti penanganan penyakit diare dan demam, serta pemulihan hidup sehat dalam mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu, para kader mendapatkan pengetahuan seputar masalah kehamilan seperti penanganan terhadap ibu hamil dengan Resiko Tinggi (RESTI) dan penanganan bayi dan BALITA.

Untuk tetap menjaga kualitas pelayanan posyandu baik di masa pandemi maupun di masa yang akan datang, para kader dibekali pengetahuan dalam memberikan pelayanan dasar di dalam posyandu seperti pelayanan penimbangan, pengukuran tinggi badan bagi balita melalui video tutorial. AHM juga memberikan edukasi melalui video animasi kesehatan untuk membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan makanan tinggi serat sebagai gaya hidup.

Baca Juga :  57 Pemimpin Redaksi Deklarasi Indonesia Chief Editors Club

General Mananger Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan para kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, terutama untuk bayi dan anak usia dini yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

“Kami melihat inilah salah satu wujud nyata perjuangan Kartini masa kini, yaitu mengabdikan diri untuk kebaikan masyarakat luas. Kami mendukung upaya baik ini melalui gelaran edukasi yang dikemas menarik untuk meningkatkan kompetensi para kader. Kami berharap ini dapat memperkuat peran nyata mereka dalam kesehatan warga sekitar mereka,” ujar Muhib.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News