OTG-GR
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala-Gejala Ringan (OTG-GR) di Kabupaten Buleleng, Bali diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri. Tentunya di tempat yang layak untuk menjadi tempat isolasi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa saat ditemui usai memimpin rapat evaluasi penangan Covid-19 di ruang kerjanya, Kamis (1/4/2021).

Suyasa mengatakan masyarakat terpapar Covid-19 yang tidak bergejala sedang dan berat, dimohon untuk berkoordinasi dengan Satgas Desa atau Kelurahan. Untuk menentukan isolasi mandiri. Satgas di Kabupaten membantu untuk penanganan Covid-19. Termasuk zona yang sedang dihadapi Buleleng dalam pandemi Covid-19. “Koordinasi dengan satgas di desa atau kelurahan. Mana tempat yang layak untuk dijadikan tempat isolasi mandiri,” katanya.

Isolasi mandiri diharapkan mampu menurunkan Bed Occupancy Rate (BOR) di Buleleng. BOR merupakan salah satu kriteria untuk menentukan zona risiko dari suatu daerah. Selama ini, yang dirawat di rumah sakit (RS) tidak hanya yang bergejala sedang dan berat saja. Melainkan OTG-GR juga dirawat. Ini yang menyebabkan BOR di Buleleng mencapai 70 persen lebih.

Baca Juga :  Lestarikan Nyurat Aksara dan Berbahasa Bali, Tenaga Penyuluh Sasar Seluruh Anak-anak dan Generasi Muda Buleleng

“Tentu harus dicermati. Sehingga beberapa yang OTG-GR diminta untuk isolasi mandiri sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada,” ucap Suyasa.

Suyasa menjelaskan Satgas Kabupaten akan melakukan koordinasi lanjutan dengan seluruh RS yang ada di Buleleng. Untuk lebih melakukan seleksi lagi terhadap pasien OTG-GR yang ada di RS masing-masing. Selanjutnya, akan dibuatkan aturan atau alur untuk penerimaan OTG-GR di RS. Baik itu RS pemerintah atau swasta. Seperti, harus ada rekomendasi dari Satgas Desa atau Kelurahan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News