PKB 2021
Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali telah memastikan, bahwa penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 ini akan tetap digelar setelah di tahun 2020 kemarin sempat ditiadakan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rencana pelaksanaan PKB 2021 ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat pelaksanaan PKB di tahun ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, skema penyelenggaraannya pun akan dilaksanakan dengan metode Luring dan Daring, yang nantinya hanya bisa di saksikan sebanyak 25% penonton secara langsung dari kapasitias keseluruhan yang dilakukan secara Luring, serta akan dimaksimalkan penyelenggaraannya secara Daring.

Pada pelaksanaan PKB tahun 2021 ini, akan ada 26 materi yang akan diperlombakan, yang akan diikuti oleh para peserta dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bali. Seperti halnya Kota Denpasar, yang dipastikan akan mengikuti sebanyak 14 materi dari 26 materi yang ada, walaupun pada informasi sebelumnya Kota Denpasar dikabarkan hanya akan mengikuti 6 materi saja karena keterbatasan anggaran yang ada.

Baca Juga :  Arya Wibawa: Masa Pandemi Covid-19, Kreativitas Harus Tetap Berjalan

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram, yang mengatakan bahwa penambahan materi tersebut dilakukan karena adanya bantuan anggaran dari Pemprov Bali sebanyak Rp500 juta, serta ditambah dengan APBD dari Pemkot Denpasar sebesar Rp600 juta.

Sehingga, secara total Kota Denpasar telah memiliki anggaran sebesar Rp1,1 miliar untuk menunjang pelaksanaan PKB 2021 ini, dengan keputusan untuk menambah jumlah materi yang diikutisertakan dalam PKB 2021, sebagai salah satu upaya memaksimalkan penggunaan anggaran yang ada tersebut.

“Jadi untuk PKB tahun 2021 ini, kan sudah dipastikan akan diselenggarakan. Jadi, nantinya seluruh Kabupaten/Kota akan mendapat bantuan dari Pak Gubernur. Dan khusus untuk Denpasar, kita akan tetap mengikuti kegiatan PKB untuk memaksimalkan pengelolaan dana tersebut, dengan menambah jumlah materi menjadi 14 dari 26 materi yang diperlombakan,” ungkap IGN Bagus Mataram, saat ditemui langsung di Kantornya, di Denpasar.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here