Olahan Babi
Olahan Babi. Sumber Foto : Istimewa

Ayu Suardani merekomendasikan jika olahan makanan berbahan daging babi dalam jumlah banyak sebaiknya disimpan dalam freezer, baik yang belum diolah ataupun setengah olahan seperti  dalam bentuk bakso, urutan, produk setengah matang, dan lain-lain. Daging akan tahan sampai 3-6 bulan bahkan sampai 1 tahun jika kondisi freezer bagus dan suhu stabil. Jika telah keluar dari freezer harus segera diolah dan hindari memasukkan lagi ke freezer.

“Jika diolah dicampur dengan sayur, tergantung jenis sayurnya, kalau diisi sayur nangka, boleh disimpan di freezer. Jika lawar, sebaiknya dipisahkan tiap adonanya, baru disimpan di freezer. Artinya jgn dicampur dulu menjadi lawar. Daging, sayur, bumbu, dan lain-lain dipisahkan, lalu dimasukkan ke freezer,” jelasnya.

Baca Juga :  Sudah Tahu Bedanya Sugian Bali dan Sugian Jawa? Yuk Simak Penjelasannya

Ayu Suardani menambahkan untuk meningkatkan masa simpan dan cita rasa daging babi, maka dapat disimpan dengan mencampurkan bumbu. Hal ini akan meningkatkan cita rasa dan aroma, serta bumbu dapat memperpanjang masa simpan, karena bumbu mengandung senyawa bioaktif dan senyawa antimikroba yang dapat menghambat kerusakan pangan.(ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini