Leluhur
Putri Koster Ajak Perajin Jaga Kualitas dan Warisan Leluhur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dengan berhasilnya Pameran IKM Bali Bangkit tahap pertama, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Koster pun kembali  menggelar Pemeran IKM Bali Bangkit Tahap II.

Untuk itu, Ny. Putri Koster mengingatkan para perajin peserta Pameran IKM Bali Bangkit untuk terus menjaga kualitas dan warisan leluhur. Menurutnya, berkreasi serta berinovasi sangat diperlukan, namun tidak boleh mengabaikan kualitas dan warisan leluhur. Hal ini dikarenakan, pelan namun pasti, dikhawatirkan kerajinan khas Bali akan mulai ketinggalan identitasnya.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya, Inflasi di Provinsi Bali Meningkat

Demikian disampaikan Ny. Putri Koster saat memberikan pengarahan kepada UKM/IKM peserta Pameran IKM Bali Bangkit pada ‘technical meeting’ bertempat di Gedung Tertutup Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasar, Selasa (20/4/2021).

Pada kesempatan tersebut, pendamping Orang Nomor Satu di Bali itu juga meyakinkan para perajin akan keunggulan kerajinan Bali. “Kerajinan asli Bali, baik kain tenun, perak, ukiran batu hingga kayu mempunyai ciri khas tersendiri dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan tinggalkan itu dengan menjual produk tiruan,” tegasnya kepada sekitar 90 perajin.

Baca Juga :  Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemkot Rutin Gelar Safari Kesehatan Sasar Banjar-Banjar

Ia selanjutnya mengingatkan, hendaknya para peserta pameran yang terpilih pada tahap II kali ini supaya mengikuti aturan yang dibuat oleh Dekranasda. “Kita ingin menonjolkan produk asli Bali yang berkualitas, jadi penuhi itu. Jangan menjual produk tiruan yang menurunkan kualitas yang asli,” tegasnya mengingatkan.

Ny. Putri Koster yang juga merupakan seniman multitalenta ini menyotohkan, kain songket Bali sudah kondang sebagai produk berkualitas dan mendunia, sehingga tidak perlu menjual kain songket bordir yang sudah pasti kualitasnya rendah.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News