Kopi Buleleng
Perajin Kopi Hasilkan Produk Tunggal dengan Ciri Khas Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana meminta kepada seluruh perajin kopi yang ada agar menyatukan persepsi dalam membuat rasa kopi tunggal yang betul-betul memiliki ciri khas Kopi Buleleng.

Hal tersebut diungkapkannya usai menerima audiensi dari para perajin dan petani kopi Buleleng, Perusahaan Daerah (PD) Swatantra dan Dinas Pertanian, Rabu (28/4/2021).

Selain menyatukan persepsi tentang rasa kopi Buleleng, Agus Suradnyana juga memberikan masukan-masukan dalam memproduksi olahan kopi yang nantinya siap bersaing dengan kopi dari luar Buleleng. Dengan demikian, harus betul-betul dievaluasi mulai dari penyiapan bahan baku, cara pengolahan, agar mendapatkan rasa yang bisa dinamakan Kopi Buleleng.

“Ini tidak mudah. Nanti saya tunggu bagaimana cara para perajin dalam memberikan jaminan terhadap Kopi Buleleng yang benar-benar bisa dinikmati secara menyeluruh oleh masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Sesuai Janji Pj Bupati Buleleng, THR ASN Buleleng Sudah Cair 100%

Direktur Utama (Dirut) PD Swatantra I Gede Bobi Suryanto mengatakan, ide pengembangan Kopi Buleleng diawali oleh para petani kopi yang terdapat di Buleleng. Kemudian, dilanjutkan oleh para pelaku usaha kopi. Selanjutnya, PD Swatantra Kabupaten Buleleng bergerak untuk dan memasarkannya. Dengan adanya suatu kesatuan persepsi dalam mewujudkan kopi dengan ciri khas Buleleng, dipastikan mampu meningkatkan produksi kopi. Baik dari segi produksi, bahan baku hingga pemasarannya.

“Kita ingin meningkatkan produksi dan mendongkrak harga kopi atau nilai tukar kopi. Serta produksi kopi petani agar memiliki nilai yang lebih tinggi dari harga pasar yang sebelumnya,” katanya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News