UMKM
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana mendukung produk parsel yang diproduksi oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Dukungan tersebut disampaikannya saat ditemui usai menerima audiensi dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperinkop UKM) Buleleng bersama dengan Wirausaha Muda Singaraja (WMS) di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan pihaknya saat audiensi berdiskusi tentang industri UMKM di Buleleng dari hulu sampai hilir. Buleleng mempunyai potensi bahan baku yang cukup melimpah untuk diolah. Salah satu produk dari pelaku UMKM di Buleleng saat ini adalah parsel. Parsel menunjukkan upaya saling membantu dan memupuk kebersamaan di antara pelaku UMKM. “Kalau bisa, yang mau saling tukar parsel, pakai produk UMKM dari Buleleng ini,” jelasnya.

Baca Juga :  158 Warga Binaan Lapas IIB Singaraja Terima Remisi Kemerdekaan

Dengan dipakainya produk para pelaku UMKM asli Buleleng ini, bisa menjadikan UMKM menjadi tuan rumah di tanah sendiri. Bila perlu produk parsel ini tidak kalah dengan produk daerah lainnya. Dengan begitu upaya yang disebut dengan “Saling Tulungin” ini bisa berjalan dengan baik. Produk yang ada di parsel pun merupakan produk-produk terbaik dari Buleleng.

“Sampai luar Bali pun dikirim silahkan. Saya mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk dari Buleleng,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Disdaperinkop UKM Buleleng Dewa Made Sudiarta menyebutkan Bupati Buleleng sangat mendukung gerakan “Saling Tulungin” ini. Bagaimana saat pandemi seperti sekarang para pelaku di Buleleng bisa eksis. Bekerja sama antar sesama pelaku dan komunitas lain untuk tetap bisa bangkit dan jaya.

Baca Juga :  Bupati Harapkan RTH Bung Karno Jadi Daya Tarik Ekonomi di Buleleng Selatan

“Bapak Bupati berkenan mengarahkan kita untuk bergerak aktif dalam rangka pemulihan ekonomi ini, tetap melakukan berbagai upaya mendorong geliat UMKM agar tetap maju dan menyiapkan diri untuk makin bangkit,” sebutnya.

Kemudian, pihaknya membuat katalog untuk lebih memperkenalkan produk-produk dari pelaku UMKM. Termasuk juga akses pemasaran. Selain pemasaran secara manual, juga akan ada website www.bulelengsakti.com. Dengan website tersebut, masyarakat Buleleng maupun luar Buleleng bisa dengan mudah melihat produk-produk unggulan para pelaku UMKM di Buleleng.

“Tentunya sudah dikurasi dan layak dipasarkan. Sehingga lebih mudah dibeli langsung kepada UMKM nya,” tutup Sudiarta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here