PKK
Sumber Foto : Istimewa

Dilanjutkannya, pelaksanaan HKG PKK di Kabupaten Gianyar merupakan upaya untuk selalu melaksanakan kegiatan yang berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan keluarga dan masyarakat sebagai upaya penanggulangan stunting.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga memaparkan pencapaian kinerja TP PKK Kabupaten Gianyar dari tahun 2013 hingga 2019 yang mampu menurunkan angka stunting. “Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdes) tahun 2013 di Kabupaten Gianyar besaran balita stunting sebesar 40,99%. Berkat kerja keras TP PKK dari tingkat kabupaten hingga desa membuahkan hasil positif. Tahun 2018 stunting di Kabupaten Gianyar turun menjadi 12,1% berdasarkan hasil Riskesdes tahun 2018. Data dari Studi Status Gizi Balita di Indonesia  tahun 2019 menunjukkan stunting di Gianyar menurun menjadi 6, 4%,” paparnya.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya menyebutkan bahwa stunting dimulai dari keteledoran calon ibu yang kurang memahami tentang asupan gizi. Terlebih lagi dimasa pandemi sekarang ini, Ny. Putri Suastini Koster mewanti-wanti agar ibu hamil menjaga diri. Untuk itu Ny. Putri Suastini Koster mengajak seluruh ibu hamil dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker serta menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News