ICA
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pemkab Klungkung bekerja sama dengan Indonesia Cheff Association (ICA) BPC Klungkung kelola Koperasi Rumah Makan Kolam Pancing.

Hal tersebut terlihat pada saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengunjungi tempat UPTD Perbenihan dan Perikanan, Sabtu (20/3/2021). Turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Suata Negara, Kadis Koperasi UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa serta pengurus Indonesia Cheff Association (ICA) BPC Klungkung.

Selama ini, UPTD Perbenihan dan Perikanan di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung memiliki kolam ikan yang cukup luas, namun sayangnya kolam ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal hanya saja baru menjual bibit, dan penjualan ikan konsumsi.

Maka dari itu harus ada kerja sama pemerintah daerah dengan pihak swasta sesuai dengan norma norma yang berlaku di pemerintah daerah. “Setelah ini akan diadakan MoU dengan ICA. Kita harus keluar dari zona nyaman dalam artian kolam ikan ini akan dikelola oleh Koperasi Gema Nadi yang di bentuk oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung. Di Koperasi inilah nantinya semua kelompok binaan di bawah Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan akan terlibat didalamnya seperti kelompok lele, nila, udang galah kita akan rangkul di tempat ini,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Wabup Kasta Hadiri Upacara Magpag Toya di Pura Dugul Subak Delod Getakan

Lebih lanjut Bupati Suwirta mengatakan, semua ini akan terintregrasi pemanfaatan potentesi lokal dari program-program inovasi kita selama ini. “Satu kali kita bergerak sekian program bisa terlibat didalamnya, seperti bahan pokok pangan menggunakan beras lokal bima juara, olahan sayur akan kerjasama dengan hidroponik masuk kk miskin, garamnya beryodium dari uyah kusamba, untuk air minum Udaka dan setok ikan dari kelompok peternak binaan,” jelas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berharap kepada ICA menunjukan kelas menunya di Rumah Makan Kolam Pancing ini. Karena disituasi pandemi ini kita harus bisa melakukan langkah-langkah pemberdayaan. Pihaknya juga menugaskan Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk mempersiapkan, ikan lele, ikan nila, dan udang serta pembuatan kolam untuk setok ikan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini