Covid-19
Sumber Foto : Istimewa

Menurut Suyasa, di luar yang disiapkan di desa, pihak kabupaten juga memfasilitasi isolasi di hotel. Pembiayaannya dari kabupaten. Jika berbentuk desa, bisa dibiayai dari dana desa. Dimana dana desa yang masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di refocusing kembali. Namun, jika berbentuk kelurahan, biayanya dari kabupaten. Ini dikarenakan kelurahan tidak memegang anggaran atau dana seperti dana desa.

“Dana desa diperintahkan oleh menteri untuk di refocusing demi kepentingan PPKM,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu desa yang sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat adalah Desa Panji, Kecamatan Sukasada. Menurut Kepala Desa Panji, Made Mangku Ariawan, pemerintah desa sudah menyiapkan salah satu vila yang ada. Disiapkan delapan kamar di vila tersebut. Dari delapan kamar, terisi dua orang pasien OTG dimana masa isolasinya sudah akan berakhir. Pembiayaan dari vila ini berasal dari dana desa yang sudah di refocusing.

“Kami sudah melakukan refocusing.Untuk penyediaan tempat isolasi dan juga penanganan pandemi seperti penyemprotan dan juga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News