WTP
Sumber FOto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST harapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketujuh kalinya dari  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Hal ini disampaikan Agus Suradnyana saat mengikuti Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 oleh BPK Perwakilan Provinsi Bali bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd dan Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng Nyoman Genep, M.T serta sejumlah Pimpinan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait di Lobbi Kantor Bupati Buleleng, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga :  WNA Australia Kena Deportasi Gara-gara Tawarkan Bisnis Spa Pacarnya 

Menurutnya, pemeriksaan sudah dilakukan sebelumnya. Tetapi pemeriksaan sekarang lebih rinci, terkait hal-hal yang perlu diterangkan. “Tentu harapan kita sesuai dengan apa yang kita kerjakan, yakni Buleleng dapat meraih WTP nya,” imbuhnya.

Lanjut dia, pemeriksaan pengelolaan keuangan ini didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuain laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintahan (SAP), kemudian kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Apa hal-hal yang belum cukup ya digali lagi, karena setiap tahun juga ada regulasi baru yang harus kita ikuti, dan sampai dimana efektivitas sistem pengendalian internalnya. Itu saja, kita berdoa sambil menyiapkan data semua agar opini Buleleng dapat meningkat,” ujar Agus Suradnyana.

Terkait pengelolaan APBD, Bupati dua periode ini optimis karena Buleleng dari segi pengelolaan APBD sudah berjalan dengan baik. Disamping itu, penekanan kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sudah berjalan terus. “Pengelolaan APBD sudah berjalan dengan baik, dan APIP terus berjalan dan saya terus pantau,” jelasnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News