Kawismara
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Permintaan pelayanan Kawismara oleh masyarakat Klungkung tidak terpengaruh pandemi Covid-19. Masyarakat Klungkung tetap antusias memanfaatkan salah satu Inovasi Pemkab Klungkung yang bernaung di bawah Rumah Inovasi bernama Gema Santi.

Hal tersebut dapat dilihat ketika Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Klungkung, I Komang Dharma Suyasa menyerahkan Kawismara di wilayah Klungkung daratan pada Rabu (31/3/2021).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Klungkung, I Komang Dharma Suyasa menyatakan Kawismara merupakan program Inovasi Pemkab Klungkung dalam rangka memudahkan masyarakat Klungkung dalam hal tertib administrasi kependudukan.

Dalam pelayanan Kawismara, masyarakat Klungkung akan langsung diberikan Akta Pernikahan, Kartu Keluarga, hingga E-KTP dengan status sudah menikah, saat mempelai melaksanakan upacara pernikahan.

Baca Juga :  Bupati Minta Fokus Tiga Zona Pariwisata di Buleleng Jadi Zona Hijau

“Salah satu Dewasa ayu (hari baik) untuk penikahan yang jatuh pada hari ini, tercatat kami menerima permintaan penyerahan Kawismara sebanyak 22 buah, yang dilaksanakan di Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Bupati Suwirta ketika menyerahkan Kawismara, tidak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat penyelenggara Upacara Pernikahan dapat menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan upacara.

Kepada kedua mempelai, Bupati Suwirta mengucapkan selamat menempuh hidup baru, semoga langgeng dan berbahagia.

Adapun lokasi penyerahan inovasi Kawismara, antara lain pada upacara pernikahan I Ketut Wahyudi dengan Ni Putu Padmawati di Banjar Sarimerta, Desa Negari Banjarangkan, pernikahan pasangan Komang Angga Suara Mahardika dengan Ns. Ni Kadek Ariningsih bertempat di Banjar Lebah Kelurahan Semarapura Kangin, pernikahan I Dewa Gede Anom Suapriyadnya dengan Putu Ana Aris Mustika Dewi, bertempat di jalan Cempaka Gang 1 No. 8a Pekandelan Klungkung.

Baca Juga :  Masuk TPI Pengambengan Diwajibkan Lengkap Surat Vaksin

Upacara pernikahan I Nengah Suparwita dengan Ni Luh Putu Windi Wiana bertempat di Dusun Tubuh dan pernikahan I Gusti Ngurah Mahardika dengan Anak Agung Istri Dwi Wulandari Dusun Tengah Desa Manduang, pernikahan Putu Hendra Wijaya dengan Made Tristina Dewi bertempat di Desa Paksebali, pernikahan I Wayan Suarjana dengan Ni Kadek Rai Handayani Banjar Kelodan Dan pernikahan I Nyoman Dedy Sastrawan dengan Ni Kadek Dwi Apriliantari bertempat di Banjar Kawan Desa Besan.

Pada hari yang sama, ditempat berbeda Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta menyerahkan Kawismara pada upacara pasangan I Kadek Swastika dengan Kadek Lindayani di Dusun Bokong Kaja, Desa Sampalan Tengah, pasangan I Wayan Gede Arya Sulaksana dengan Ni Made Ayu Aprilia di Dusun Tihingan, Desa Tihingan, Pernikahan I Gede Widiartawan dengan Dewa Ayu Nyoman Sri Perdayanti Dusun Pau, Desa Tihingan.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Pengaruhi Keuangan Rumah Sakit

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta ketika menyerahkan Kawismara kepada pasangan yang melaksanakan Upacara Pernikahan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini