Pura Dugul Subak Delod Getakan
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bertepatan dengan Tilem Kawolu, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didamping Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida, Perbekel Desa Getakan menghadiri Upacara Makpag Toya di Pura Dugul, Subak Delod Getakan, Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Kamis (11/2/2021).

Kelian Subak, Jro Mangku Putu Yasa mengatakan upacara Mappag Toya ini sebagai persembahan yang dihaturkan di Pura Dugul berupa persembahan babi, godel, anjing blang bungkem, bebek blangkalung, dan ayam manca warna dalam olahan sesajen. “upacara ini digelar tiada lain untuk memohon kemakmuran dan kesuburan di Subak Delod Getakan, “ujar Jro Mangku Putu Yasa.

Baca Juga :  Karya IBTK 2024 Disineb, Dipuput Enam Sulinggih

Wabup Kasta dalam kesempatan tersebut tiada henti-hentinya berharap kepada krama subak yang sedang melaksanakan upacara agar taat mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan sebaik-baiknya.

“Dumogi upacara Magpag Toya ini berjalan lancar labda karya dan tetap ikuti protokol kesehatan,” ujar Wabup Kasta.

Selain itu, upacara ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesuburan tanah dan mensejahterakan semua petani yang ada di subak delod getaka.  “Iman kuat, imun pun pasti lebih kuat untuk menghadapi pademi ini,” imbuh pejabat asal desa akah ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News