Rapid Antigen
Tes Rapid Antigen sasar pengunjung pasar dan terminal di Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kembali Dandim 1619/Tabanan, bersama dengan Kapolres Tabanan, Sekda Tabanan, jajaran TNI, Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan melaksanakan Operasi Pendisiplinan di Pasar Pesiapan, Senin (1/2/2021). Operasi pendisiplinan tersebut meliputi kegiatan Test Rapid Antigen yang kali ini menyasar para pedagang dan pengunjung di pasar tersebut.

“Operasi pendisiplinan sekaligus menggandeng Dinas Kesehatan menggelar Rapid Antigen di tempat dan bagi-bagi masker kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Pesiapan tersebut digelar bertujuan agar masyarakat semakin sadar dan paham akan pentingnya 3M di masa adaptasi baru ini, karena saat ini kasus Covid-19 di Tabanan masih tinggi sehingga pemerintah pun memperpanjang PPKM,” ujar Dandim.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Rutin Gelar Apel Hari Kesadaran Nasional

Dandim juga menjelaskan, bahwa saat ini kita semakin gencar melaksanakan operasi pendisiplinan, bersama dengan Satpol PP serta sekaligus mengajak Dinas Kesehatan dalam hal ini untuk melaksanakan tes Rapid Antigen di tempat umum untuk mendeteksi kemungkinan adanya OTG (Orang Tanpa Gejala) yang ada di sekitar kita. Sehingga apabila ditemukan segera kita ambil langkah selanjutnya, dengan demikian kita harapkan dapat menekan kasus Covid-19 di Tabanan ke zona oranye, kuning, atau bahkan hijau.

Tes Rapid Antigen ini juga merupakan bagian dari Operasi 3T (Testing, Tracing dan Treatment) seperti yang diketahui, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  RK Idul Fitri Turun, Warga Binaan Umat Muslim Rayakan Hari Kemenangan dengan Suka Cita

“3M dan 3T harus kita gencarkan sebagai langkah intensif untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 ini.” lanjut Dandim.

Dirinya juga mengimbau agar seluruh masyarakat Tabanan semakin sadar dan paham akan pentingnya penerapan 3M dan 3T, guna menghindarkan kita dari bahayanya Covid-19. Dengan demikian kita semua juga harus terus waspada dan disiplin menerapkannya, jadi tidak perlu diimbau lagi atau ditindak, namun harus dari kesadaran diri sendiri untuk melindungi diri, keluarga, orang lain dan negara.

Dalam pelaksanannya, operasi pendisiplinan telah dilakukan Tes Rapid Antigen terhadap 41 orang dengan hasil seluruhnya negatif. Serta sekaligus dalam kegiatan tersebut, tim gabungan juga turut membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung serta penumpang umum Trans Metro Dewata yang ada di Terminal Pesiapan.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News