Pramuka
Sumber Foto : Istimewa

Selain itu Pramuka juga turut melaksanakan pembinaan karakter bagi generasi muda. Dari pembinaan itu, kegiatan Pramuka diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang lebih tangguh dan maju sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Dengan demikian, Gerakan Pramuka diharapkan dapat ikut berperan dalam mewujudkan Program Pembangunan di Daerah Bali.

“Seperti diketahui bersama dalam gerakan pramuka dikenal seorang tokoh benama Robert Baden Powell atau juga disebut Baron Baden Powell yang juga disubut bipi-Lord Baden Powell, Letnan Satu tentara Ingris, lahir 22 Februari 1857-8 Januari 1941 adalah pendiri gerakan Kepanduan. Pemerintah telah mempercayakan Pendidikan Karakter Generasi Muda kita kepada Gerakan Pramuka dengan ditetapkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 dan PP Nomor 63 tahun 2013, dimana Pendidikan Kepramukaan merupakan Kurikulum Ekstra Wajib di semua jenjang Pendidikan dari SD, SMP dan SMA/SMK,” jelasnya.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

Menurut Kak Made Rentin, hal ini disebabkan karena Organisasi Gerakan Pramuka merupakan Organisasi yang solid dari tingkat Desa (Gugus Depan), tingkat Kecamatan (Kwartir Ranting), tingkat Kabupaten (Kwartir Cabang), tingkat Provinsi (Kwartir Daerah) sampai ke Tingkat Pusat (Kwartir Nasional) dan Presiden RI sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka.

“Untuk itu saya harap dalam memperingati Hari Baden Powell ke-164 ini pramuka diharapkan mampu meneladani hidup dan menghayati pesan-pesan Lord Robert Baden Powell dalam aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan sebagai seorang pramuka. Perjalanan hidup Bapak Pandu Sedunia dan warisan nilai-nilai dalam aktivitas kepramukaan wajib kita hayati dan laksanakan sebagai seorang Pramuka.

Baca Juga :  Pastikan Pelayanan Tetap Optimal Selama Cuti Bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, Sekda Alit Wiradana Monitoring Mal Pelayanan Publik

Salah satu pesan Baden Powel yang selalu menjadi pedoman adalah bahwa pramuka harus menyiapkan diri untuk menjadi warga negara yang baik bagi negaranya dan dunia. Untuk saat ini Rentin berpesan agar selalu menjadi teladan dalam penerapan 6M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Mengurangi Bepergian Meningkatkan Imun, dan Mentaati Aturan). “Mengenai kebahagiaan dan kemanusiaan menjadi teladan untuk kita semua,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News