Vaksin Covid-19
Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali segera akan melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Saat ini tinggal menyelesaikan vaksinasi tahap pertama termin kedua. Kemudian menunggu petunjuk teknis (juknis) dan penjadwalan dari pemerintah pusat serta provinsi.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa yang juga selaku Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/2/2021).

Gede Suyasa menjelaskan Gubernur Bali, Wayan Koster juga telah memberikan arahan secara lisan kepada tiap-tiap daerah untuk bersiap melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Pada tahap kedua ini, rencananya Rumah Sakit (RS) swasta akan dilibatkan. Mengingat ini akan dilakukan terhadap masyarakat umum dengan jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga :  Jelang Akhiri Masa Jabatan, Rai Mantra Resmikan Inovasi Jagabaya

“Sampai saat ini kita masih menunggu juknis dari pemerintah pusat, baik itu sasarannya kepada siapa dan jumlahnya berapa. Nanti untuk jadwal ditentukan oleh pemerintah provinsi, karena vaksin datangnya dari pusat disalurkan oleh pemerintah provinsi,” jelasnya.

Untuk keterlibatan Rumah Sakit swasta, itu memang keinginan dari pihak swasta. Nanti Sumber Daya Manusia (SDM) RS swasta akan dilatih untuk melakukan vaksinasi. Selain itu juga diharapkan tiap RS swasta memiliki cold chain sebagai tempat penyimpanan vaksin.

“Karena sebelumnya mereka belum punya cold chain. Saya harap nanti semuanya menyediakan cold chain dan segala sesuatu lainnya yang dibutuhkan untuk proses vaksinasi dapat disiapkan. Sehingga prosesnya berjalan dengan baik,” ucap Suyasa.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here