Pasar Bona
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pembangunan Pasar Rakyat Desa Adat Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar kini telah rampung pasca kebakaran yang melanda akhir tahun 2018 silam.

Pembangunan dilakukan mulai 27 Maret 2020 lalu dan kini telah rampung keseluruhan. Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun meresmikan Pasar Rakyat Desa Adat Bona bersama Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta, didampingi beberapa anggota DPRD Gianyar dan Kadis Perindag Luh Gede Eka Suary, Senin (1/2/2021).

Eka Suary mengatakan, Pasar Bona merupakan pasar rakyat. Pasar tersebut mulai dibangun dari bulan Maret sampai November 2020 yang menghabiskan dana Rp2,4 milyar. Dana tersebut dicairkan dalam dua tahap yang berasal dari APBD Kabupaten Gianyar. Di dalam Pasar Bona terdapat 56 los pedagang, 24 kios, 1 ruang pengelola, 1 ruang menyusui, 1 ruang tera, serta 4 toilet.

Dalam pasar Bona ini yang menempati los dan kios merupakan para pedagang lama yang diprioritaskan, dan dikelola oleh Desa Adat Bona. “Disperindag yang membangun nanti pengelolaannya di desa,” jelasnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Hadiri Rakornas Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang HBKN

Dikonfirmasi dari Wakil Bendesa yang juga sebagai Ketua Panitia Pemlaspasan Pasar, I Gusti Agus Susana mengatakan, Pasar Bona ini merupakan pasar milik Pemerintah Daerah dan biaya pembangunan dari Pemerintah Daerah, sementara untuk pemlaspasannya diserahkan ke Desa Bona yang menghabiskan biaya Rp50 juta. “Selanjutnya akan ada MoU antara Pemerintah Daerah dan Desa tentang tata kelola pasar rakyat ini,” kata Gusti Susana.

Ditambahkannya, setelah diresmikan hari ini, Pasar Desa Adat Bona akan mulai beroperasi mulai tanggal 4 Pebruari mendatang. Pihaknya berharap, Pasar Desa Adat Bona bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Bona. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News