Sampah
Tim Kebersihan DLHK Badung bergotong - royong membersihkan sampah. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Badung melaksanakan acara peringatan HPSN 2021 bersama Kementerian Lingkungan Hidup RI, yang digelar secara virtual, Senin (22/2/2021).

Dalam momentum peringatan HPSN 2021 tersebut, DLHK Badung menerima penghargaan peringkat 4 (empat) tingkat Nasional, dalam kinerja pengelolaan sampah di tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia, penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI, melalui Menteri Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

Tampak hadir dalam acara yang digelar secara virtual tersebut, Plh Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa mengatakan, penghargaan yang di capai kali ini merupakan hasil kerja keras dari DLHK Badung dalam kinerjanya selama ini terkait pengelolaan sampah sepanjang tahun 2020. Dan pada momentum HPSN 2021 ini, pihaknya sama sekali tidak mengetahui terkait bagaimana model penilaiannya dalam Penganugerahan Kinerja Pengelolaan Sampah Tahun 2020 tersebut, yang diduga model peniliannnya memang sengaja di rahasiakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI.

“Tiga hari lalu tiba-tiba kami dikontak oleh Kemen LH bahwa Badung mendapatkan penganugrahan Kinerja Pengelolaan Sampah tahun 2020. Kami tak ngeh bagaimana model penilaiannya, sepertinya dilakukan secara rahasia,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Badung, Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PKLB3), DLH Kabupaten Badung, Ir. Anak Agung Gede Agung Dalem, ST., MT., mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk upaya dari pihaknya yang terus mengoptimalisasi dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Badung.

Selain itu, hal tersebut juga akan menjadi acuan bagi DLHK Badung untuk tetap konsisten dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kabupaten Badung. Sehingga kedepannya DLHK Badung benar-benar mampu untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang mandiri di setiap desa-desa, dalam upaya mengurangi timbunan sampah secara signifikan ke TPA.

Baca Juga :  Bank Sampah Ubah Sampah Bernilai Ekonomis

“Yang jelas kami memang berupaya mengelola sampah yang saat ini semakin kecil daya tampungnya di TPA Suwung. Kami juga terus berupaya di desa-desa untuk dapat menyelesaikan sampahnya secara mandiri. Baik dengan membangun TPS3R dan Bank Sampah. Sehingga mampu mengurangi timbunan sampah secara signifikan ke TPA,” ungkap Anak Agung Gede Agung Dalem, saat dikonfirmasi langsung oleh tim Redaksi Baliportalnews.com, Senin (22/2/2021).

Diharapkan, dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2021 ini, masyarakat di Kabupaten Badung dapat berkomitmen untuk mengurangi atau menghasilkan sampah-sampah yang berbahaya bagi lingkungan, serta masyarakat juga mampu untuk mengelola sampahnya secara mandiri demi mewujudkan Kabupaten Badung yang lebih bersih dari timbunan sampah kedepannya.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini