Safety Riding
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), masih mengijinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas, tidak dipungkiri selama beraktivitas masyarakat kebanyakan menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari yang efektif dan cepat.

Selain wajib menggunakan masker juga menggunakan helm adalah hal paling penting untuk melindungi kepala. Hal ini menjadi kajian materi utama yang disampaikan oleh Tim Safety Riding Astra Motor Bali dalam salah satu kegiatannya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memakai helm saat berkendara.

Dengan metode offline, edukasi safety riding yang dilaksanakan di  PT. Kamadjaja Logistic salah satu perusahaan jasa expedisi Bali diikuti oleh pewakilan karyawan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Peserta yang diberikan edukasi dibatasi hanya 30 peserta saja dibagi menjadi 2 sesi yakni teori dan praktek. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (20/2/2021) lalu memberikan pemahaman berkendara yang baik dan benar saat di jalan raya, pemakaian helm yang benar dan pas karena kebanyakan karyawannya menggunakan kendaraan roda dua saat mengantarkan barang kepelanggan.

Baca Juga :  Provinsi Bali Alami Peningkatan Tekanan Harga Pada Januari 2021

Selain itu, teori mengerem yang baik sesuai safety riding, serta pengecekan kendaraan sebelum berkendara, hal-hal yang perlu diperhatikan saat berboncengan, dan memahami blind spot menjadi bahan materi diskusi oleh seluruh peserta.

Setelah teori tersebut kemudian dilanjutkan dengan praktek peragaan cara pengereman, cara menikung, cara melintasi lubang dan menjaga keseimbangan dengan alat peraga adalah Honda ADV150 untuk dapat dicoba oleh peserta dengan tetap mengikuti prokes dan unit disemprot dengan disinfektan.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan bentuk komitmen di masa PPKM ini untuk konsisten melakukan kampanye #Cari_Aman terus dilakukan. Memakai helm adalah salah satu hal yang paling penting dan wajib dilakukan, karena masih banyak masyarakat yang sudah taat menggunakan masker tapi malah mengabaikan helm sebagai pelindung kepala walapun berkendaranya jarak dekat maupun jauh.

Baca Juga :  Dukung Percepatan Rencana Konversi BBM ke Listrik, PLN UID Bali Segera Bangun 67 SPKLU

“Dengan kondisi yang masih menerapkan protokol kesehatan, kami senantiasa berbagi pengetahuan memberikan edukasi langsung kepeserta. Kami berharap dengan kegiatan ini akan lebih menambah pemahaman khususnya karyawan dari Kamadjaja Logistic untuk selalu #Cari_Aman di jalan raya serta wajib diketahui peserta walaupun meraka hanya dibonceng tapi kelengkapan seperti helm, jaket dan masker menjadi poin penting saat kita di jalan raya dan ini sebagai upaya preventif,” ungkap Iswahyudi.

Pada kesempatan itu pula tim sales marketing dari Astra Motor Gunung Agung memberikan penawaran program promosi menarik untuk pembelian sepeda motor Honda dengan berbagai penawaran mulai DP 10%, bunga ringan, serta potongan angsuran. Dan lebih menarik lagi pada sesi akhir diberikan penyemangat berupa kuis dan doorprize untuk peserta yang aktif dan mengikuti serangkaian edukasi safety riding kali ini.

Baca Juga :  Operasi Disiplin Prokes di Kelurahan Pemecutan, Tim Yustisi Tertibkan 6 Pelanggar

Kegiatan pengenalan safety riding sebagai salah satu upaya menanamkan benih pemahaman, mulai dari diri sendiri hingga bisa menularkan kepada keluarga, kerabat dan teman sehingga dapat menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib dan aman, hal ini juga secara tidak langsung dapat turut menyebarkan pesan berkendara yang baik dan aman. Tidak hanya penting #Cari_Aman, namun Cari Sehatpun wajib diperhatiakan dengan selalu konsisten menggunakan masker saat berada diluar rumah.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here