Jaga
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Putra Wedana menghadiri acara Presentasi Rencana Bisnis dan Master Plan Pengembangan Desa Wisata Bakas bertempat di Banjar Kawan Desa Bakas Banjarangkan, Minggu (7/2/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Banjarangkan I Dewa Komang Aswin, Kepala Desa Bakas I Wayan Murdana, Perangkat Desa Adat maupun Dinas, dan Tokoh Masyarakat serta undangan terkait lainnya.

Perwakilan Tim Pengembangan Desa Wisata Bakas, I Putu Merta Astawa, menyampaikan bahwa tim sudah melakukan identifikasi potensi yang dimiliki Desa Bakas, dan Desa Wisata Bakas mengusung tema wisata yakni agriculture tourism Village, hal ini dilatarbelakangi dari banyaknya jumlah masyarakat di Desa Bakas yang bermata pencaharian sebagai Petani.

Lebih lanjut I Putu Merta Astawa menyatakan Visi Desa Wisata Bakas adalah Terwujudnya Desa Bakas yang MANTAP (Maju, Aman, Transparan, Adil dan Partisipatif) berdasarkan Tri Hita Karana. dengan tiga misinya yakni, Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat desa berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, mewujudkan pembangunan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan melalui pelibatan partisipasi seluruh masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menggalakkan potensi lokal berbasis pada sistem ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Baca Juga :  Sinergi OJK dan BI Tingkatkan Edukasi Perlindungan Konsumen

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama yang dimiliki oleh masyarakat Desa Bakas dalam usaha mewujudkan Desa Wisata Bakas.

“Kedepan agar Pokdarwis dapat menjaga bahkan meningkatkan koordinasi yang baik dengan Perangkat Desa Adat maupun Dinas, dan Masyarakat Desa Bakas agar tujuan dari terbentuknya Desa Wisata di Desa Bakas yakni dari, Oleh dan Untuk masyarakat Desa dapat tercapai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengharapkan agar masyarakat Desa dapat ikut berperan serta dalam mempromosikan  Desa Wisata ini agar Desa Bakas kedepannya dapat menjadi Desa yang mandiri.

Pada akhir acara, diisi dengan penyerahan Masterplan yang diserahkan Kepala Desa Bakas Wayan Murdana didampingi Perwakilan Masyarakat I Wayan Widiana, Ketua Pengelola Pariwisata Desa Bakas I Wayan Arsa dan Ketua Pokdarwis Desa Bakas I Wayan Widiasa kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Putra Wedana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News