Desa Adat Semanik
Wabup Suiasa disaat menghadiri Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan Bale Kulkul di Desa Adat Semanik, Kecamatan Petang, Rabu (13/1/2021). Sumber Foto : Humas Badung

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Seiring rampungnya pembangunan Bale Kulkul Desa Adat Semanik, Kecamatan Petang, masyarakat setempat melaksanakan Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan bertepatan dengan Tilem Kepitu, Rabu (13/1/2021).

Upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten Geria Kediri Sangeh ini dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Anggota DPRD Badung yang juga Bendesa Adat Semanik I Gst. Lanang Umbara, Camat Petang I Wayan Darma beserta unsur Tripika Kecamatan Petang serta Pj. Perbekel Desa Pelaga I Made Sandu.

Pada kesempatan itu Wabup Suiasa melaksanakan Mendem Pedagingan di Bale Kulkul dan secara pribadi memberi bantuan Rp15 juta, serta Pemerintah Desa Pelaga memberikan bantuan sebesar Rp10 juta.

Baca Juga :  Badung Realisasikan BST Selama Pelaksanaan PPKM

Wabup Suiasa dalam sambutanya mengucapkan rasa angayu bagia bisa hadir di tengah- tengah masyarakat dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan setelah rampungnya pembangunan fisik Bale Kulkul Desa Adat Semanik. Dikatakan Melaspas ini adalah upacara penyucian bangunan yang telah selesai dibangun.

“Melaspas dalam Bahasa Bali memiliki arti Mlas artinya Pisah dan Pas artinya Cocok. Penjabaran arti Melaspas yaitu sebuah bangunan yang dibuat terdiri dari unsur yang berbeda, ada kayu ada pula tanah (bata) dan batu, kemudian disatukan terbentuklah bangunan yang layak (cocok),” jelas Wabup Suiasa.

Lebih lanjut disampaikan upacara melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan benda ataupun bangunan baru secara niskala sebelum digunakan dan dipakai untuk kegiatan adat agar berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here