Data BPS
Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra. Sumber Foto : Humas Buleleng

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Buleleng Made Bimbo Abdi Suardika menyebutkan saat ini Kabupaten Buleleng memiliki jumlah penduduk terbesar di antara seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Berdasarkan Hasil Sensus Penduduk pada September 2020, Buleleng memiliki penduduk sejumlah 791.813 jiwa. Naik dari 624.125 jiwa di tahun 2010.

Hal ini berarti ada laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,02 persen dalam sepuluh tahun terakhir. Ini disebabkan banyak masyarakat yang pulang kampung. Kembali ke Buleleng dari perantauan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

“Kalau kondisinya normal, mungkin saja komposisi jumlah penduduk di Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali berbeda dari yang dihasilkan oleh Sensus Penduduk 2020. Yang notabene dilakukan dalam masa pandemi Covid-19,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Mulai Siapkan Vaksin untuk Pedagang

Dirinya menambahkan, Sensus Penduduk 2020 dilakukan dengan metode kombinasi. Yakni sensus secara daring dan wawancara langsung. Sensus Daring dilakukan dari bulan Februari-Mei 2020. Keikutsertaan masyarakat Kabupaten Buleleng cukup tinggi yakni mencapai 37 persen dari data keseluruhan. Presentase ini membuat keikutsertaan sensus dengan metode daring di Kabupaten Buleleng tertinggi diantara seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi Bali. “Dimana Provinsi Bali pun menjadi Provinsi dengan keikutsertaan sensus metode daring tertinggi di Nasional,” pungkasnya. (humas-bllng/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here