Panen
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida mengadakan panen padi perdana bertempat di Subak Kawan, Desa Selisihan, Klungkung, Senin (25/1/2021).

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut, HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi Bali, HKTI Kabupaten Klungkung beserta jajaran dan para petani Subak Selisihan Kawan Desa Selisihan serta undangan terkait lainnya.

Ketua DPD HKTI Bali Provinsi Bali, Ir. Putu Arya Sedhana menyampaikan bahwa jenis padi yang dipanen merupakan padi varietas benih Padi M70D atau Moeldoko 70 Day. Padi Varietas M70D dikenalkan pertama kali oleh Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., padi dengan Varietas M70D bisa menghasilkan 8,8 ton dari satu hektar sawah.

Baca Juga :  Langkah Awal Pemulihan Ekonomi Pariwisata di Bali

Ir. Putu Arya Sedhana mengharapkan Pemkab Klungkung dapat membantu mengembangkan Padi Varietas M70D pada lahan pertanian di Kabupaten Klungkung.

“Pada pandemi Covid-19 ini, masyarakat dapat terbantu dengan adanya Padi Varietas M70D, karena dengan hasil pertanian yang cepat dapat membantu dalam ketahanan pangan,” ujar Arya Sedhana.

Dirinya menyatakan dengan menggunakan lahan seluas 500 are, diperoleh hasil gabah petani kurang lebih 8 ton. Dan padi varietas ini sudah di tanam di beberapa kabupaten di Provinsi Bali diantaranya Buleleng, Tabanan, Denpasar.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here