Dorong Kebangkita Pariwisata Bali
Menparekraf, Sandiaga Uno saat kunjungannya di Puri Ubud, Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sabtu (30/1/2021), memasuki hari terakhir agenda kerjanya selama di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno telah melakukan beberapa kegiatan guna mendukung pemulihan sektor pariwisata di Provinsi Bali.

Selain itu, selama berkantor di Bali, Menparekraf Sandiaga Uno juga telah menyiapkan beberapa kebijakan yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk membantu membangkitkan perekonomian Bali yang terdampak akibat pandemi Covid–19.

Kebijakan tersebut dengan menyiapkan paket–paket seperti, Work From Bali atau Study From Bali, yang mengajak para pengusaha dan kalangan profesional untuk bekerja dari Bali yang akan di pasarkan dalam waktu dekat. Hal tersebut nantinya diharapkan akan mampu merangsang pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Bali.

Seperti yang dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya mengajak kalangan pegusaha dan para profesional untuk mulai mempertimbangkan untuk bekerja dari Bali. Karena ada dua fungsi, yang pertama kita bisa lebih efesien dan bisa menikmati keindahan alam Bali, juga kita membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Baca Juga :  Diperlukan Kerja Seluruh Pihak Atasi Pandemi Covid-19

“Nantinya, para ekspatriat baik yang ada di Jakarta atau wilayah lainnya, kita akan tawarkan paket–paket bekerja dari Bali. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Sandiaga Uno.

Selain itu, selama berkantor di Bali, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kratif, Sandiaga Uno, juga telah mendengar langsung, dari para pelaku pariwisata serta sektor ekonomi kreatif, yang bagaimana sektor tersebut sangat terguncang akibat pandemi Covid–19. Seperti kunjungannya ke salah satu industri kreatif milik Niluh Djelantik di Mengwi, Kabupaten Badung. Dan juga menemui langsung para pelaku usaha ekonomi kreatif di Puri Ubud, Kabupaten Gianyar, (29/1/2021).

Baca Juga :  Bupati Badung Giri Prasta Pantau Penyaluran BLT di Kuta Selatan

Bersama dengan Wakil Gubernur Bali, Tjok Ace, Sandiaga Uno menyampaikan beberapa hal, terkait upaya dari pihaknya untuk segera melakukan kebijakan pemulihan terhadap sektor terdampak pandemi Covid–19 di Provinsi Bali.

Dikutip dari laman sosial media pribadi milik Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengatakan, “Ada 2 hal yang kami bisa bantu, pertama adalah terkait pemasaran. Kami di Kemenparekraf siap membantu pemasaran produk–produk ekonomi kreatif ini, yang telah membuka banyak peluah usaha dan lapangan kerja. Kedua, terkait permodalan, kita akan bantu akses pada permodalannya, sehingga para pelaku usaha ini mampu mempertahankan lapangan kerjanya dan memenuhi kebutuhan dasar mereka di tengah beban biaya hidup yang terus meningkat,” ungkap Menparekraf.

Baca Juga :  Korupsi KUR di Bank BUMN, Terdakwa Riza Dituntut 4 Tahun Penjara

Seperti yang diketahui, sektor ekonomi di Bali terguncang akibat pandemi. Pada kuartal ke-3 tahun 2020 hingga minus 12 persen. Untuk itu, Sandiaga Uno juga memaparkan salah satu alasannya untuk bekerja di Pulau Dewata adalah untuk mendengar langsung dan memberi motivasi kepada para pelaku Parekraf di Bali agar tetap semangat dan dapat kembali bangkit pasca pandemi Covid–19. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini