Melayat
Bupati Giri Prasta saat mengikuti rapat teknis persiapan pelebon (alm) IB Made Sunartha di Griya Sari Sangeh, Rabu (27/1/2021). Sumber Foto : Humas Badung

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Karya Pelebon anggota DPRD Badung (alm) Ida Bagus Made Sunartha, akan dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2021 mendatang di Setra Desa Adat Sangeh.

Untuk itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua DPRD Putu Parwata siap mendukung dan menyukseskan Karya Pelebon dan Nyekah alm. IB Made Sunartha. Mulai dari pulangnya jenazah (layon), Bupati dan Ketua DPRD akan menjemput dan ikut mengiringi dari Rumah Sakit menuju Griya Sari, Sangeh.

Hal tersebut disampaikan Bupati Giri Prasta didampingi Putu Parwata saat rapat teknis persiapan pelebon IB Made Sunartha di Griya Sari Sangeh, Rabu (27/1/2021). Rapat tersebut juga dihadiri anggota DPRD Badung I Wayan Regep, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa dan Camat Petang I Wayan Darma, Prajuru Desa Adat Sangeh, Pemerintah Desa Sangeh dan Prajuru Banjar Muluk Babi, Sangeh.

Menurut Bupati Giri Prasta kehadirannya bersama Ketua DPRD ikut dalam rapat teknis pelaksanaan pelebon di Griya Sari, karena sudah menjadi bagian dari keluarga Griya Sari Sangeh sehingga sudah sepatutnya pihaknya juga ikut terlibat demi suksesnya karya pelebon dan nyekah alm. IB Made Sunartha.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

Mengingat situasi dalam pandemi Covid-19 dan masa PPKM, Bupati mengingatkan Prajuru Banjar didukung Prajuru Desa Adat untuk membuat panitia dan membagi tugas kepada krama sehingga setiap tahapan upacara dapat berjalan lancar. Terutama pada saat upacara nyiramang dan pelebon, khususnya saat mengantar jenazah ke setra agar krama banjar diberikan tugas masing-masing.

“Kami dari pemerintah dan DPRD Badung akan mendukung penuh teknis jalannya upacara. Semoga karya di Griya Sari dapat berjalan dengan baik sesuai dresta yang ada, tanpa mengurangi makna dari upacara tersebut. Terlebih dalam penerapan PKM ini terpenting tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Bupati Giri Prasta.

Baca Juga :  Karya IBTK 2024 Disineb, Dipuput Enam Sulinggih

Sementara itu, Manggala Karya Ida Bagus Made Merta Dewa atas nama keluarga dan semeton Griya Sari menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemkab Badung khususnya Bupati Badung dan Ketua DPRD Badung. Mengenai dudonan karya dapat dijelaskan, Karya Pitra Yadnya, Pelebon dan Sawa Preteka alm. IB Made Sunartha, Griya Sari Sangeh, Banjar Muluk Babi, Desa Sangeh akan dimulai pada hari Rabu tanggal 3 Februari layon akan tiba di Griya Sari sekitar pukul 15.00 wita.

Dilanjutkan besoknya, Kamis 4 Februari upacara nyiramang, narpana saji dan mesesalin mulai pukul 15.00 wita. Pada Jumat 5 Pebruari dilaksanakan upacara memendak toya ening pinaka toya pemanah, ngereka kajang, melaspas kajang, munggah pengaskaran, ngilenang pemeras dan ngrereh toya penembak. Puncak Karya akan dilaksanakan pada hari Minggu 7 Februari, mulai pukul 04.00 wita dengan upacara prelina, ngutang sok cegceg, mebumi suda, melaspas wadah, mepepegatan dan pukul 12.10 wita memargi ke setra. Sementara upacara nyekah akan dilaksanakan pada 21 hari setelah pelebon yaitu pada tanggal 28 Februari 2021.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News