Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar terus mendorong terciptanya kebangkitan perekonomian di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah mendorong tumbuhnya perekonomian lokal. Guna mendukung hal tersebut, Pemkot Denpasar melalui Bagian Kerjasama yang juga dirangkaikan dengan gelaran Denpasar Festival ke-13  mengadakan Webinar Internasional bertajuk Inovation and Technology Toward The Development of Local Economy.

Kegiatan yang digelar secara virtual melibatkan Universitas Udayana, University of Sussex The United Kingdom dan Pemkot Denpasar ini dibuka langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra secara virtual pada Kamis (10/12/2020) di Graha Sewaka Dharma Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Udayana, Prof Dr.dr A.A Raka Sudewi, Sp., Head of The School of Engineering and Informatics University of Sussex Prof. Ian Wakeman, Head of Second Cities, Network and Strategi British Embassy Jakarta Mr. Samuel Hayes, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Agoes G.Rahyuda.Ph.D, Dean of Business School University of Sussex, Mr Prof Steve Mc Guire serta seluruh peserta lainya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 yang mewabah hampir diseluruh penjuru dunia memberikan dampak serius bagi kehidupan manusia. Bali, khususnya Kota Denpasar terdampak serius di sektor kesehatan dan ekonomi. Karenanya, diperlukan pemikiran-pemikiran serta inovasi guna mendukung upaya pemulihan perekonomian dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Sekda Kota Denpasar Hadiri Pujawali di Pura Swagina Taman Sari

Lebih lanjut dijelaskan Rai Mantra bahwa dari pelaksanaan Webinar Internasional bertajuk Inovation and Technology Toward The Development of Local Economy ini diharapkan mampu menghasilkan pemikiran baru dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademisi, pengusaha dan komunitas. Sehingga diharapkan mampu mendukung pengembangan ekonomi lokal dalam mendukung pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini.

“Kota Denpasar sudah mencoba untuk menghadapi atau mengatasi Covid-19 dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendukung aktifitas kehidupan ekonomi tetap berjalan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Jadi Narasumber Rakor Tanggap Ancaman Narkoba, Ingatkan Pentingnya Sinergitas Masyarakat dan Pemerintah Sebagai Langkah Pencegahan

Rai Mantra menekankan bahwa di era digitalisasi saat ini inovasi dan teknologi memiliki peranan penting untuk mendukung ekonomi lokal. Kendati Covid-19 belum usai, kehidupan masyarakat dan aktifitas masyarakat harus terus berlanjut. Dimana, salah satu cara untuk tetap produktif di masa pandemi adalah dengan digitalisasi dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk mencegah Covid-19 ini.

“Tentunya kami berharap dengan tantangan-tantangan di atas bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara kesehatan masyarakat dan perekonomian masyarakat, saya berharap dari webinar internasional ini dapat menjadi ajang bertukar pikiran dan merumuskan inovasi untuk menciptakan solusi dan inovasi guna mendukung terciptanya penguatan sektor ekonomi lokal masyarakat selain juga sektor kesehatan yang menjadi fokus utama,” terang Rai Mantra. (ags/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News