Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARMemperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020, TP. PKK Kabupaten Gianyar menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan di Desa Tulikup Gianyar. Rapid test guna mendeteksi secara cepat penularan Covid-19 tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Sakti Banjar Menak Tulikup, Kecamatan Gianyar, Jumat (18/12/2020).

“Rapid test ini sebagai salah satu upaya kami untuk menemukan kasus covid 19 tanpa gejala dan untuk mencegah munculnya klaster baru di rumah tangga. Ini juga merupakan bentuk sinergitas TP. PKK dengan pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 dan kebetulan ini bertepatan dengan memperingati hari ibu di Kabupaten Gianyar,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

Ditambahkan juga, kegiatan rapid test ini merupakan program TP. PKK pusat yang diselenggarakan serentak mulai tanggal 14-21 Desember bagi kaum perempuan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Hal ini juga merupakan bentuk sinergitas program PKK Kabupaten Gianyar dengan PKK Provinsi Bali dan PKK Pusat. Kegiatan ini juga sesuai dengan strategi percepatan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali yaitu meningkatkan upaya tracing dan testing secara massif dengan harapan penemuan secara dini kasus konfirmasi Covid-19 tanpa gejala.

“Melihat kita masih tidak bisa lepas dari Covid-19, saya akan selalu mengingatkan masyarakat melalui peran keluarga tentang pesan Ibu melalui 3M, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,” kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengingatkan. Pada kesempatan tersebut dilakukan rapid test pada 100 orang kaum perempuan Desa Tulikup.

Tidak lupa pula, istri dari Bupati Gianyar Made Mahayastra mengingatkan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk semakin ketat menerapkan PHBS di rumah tangga. Karena kita sudah memasuki musim penghujan, ancaman yang dihadapi saat ini tidak saja Covid-19 namun juga demam berdarah.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Turut hadir dalam pelaksanaan rapid test gratis Kepala Dinas PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, kepala BPD Bali Cabang Gianyar I Ketut Bagus Ariana, Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Ketua DWP Kabupaten Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya dan beberapa tokoh masyarakat setempat.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News