Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARPemerintah Kota Denpasar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja atas penanganan Covid-19 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bali, Rabu (23/12/2020).

LHP yang diterima terkait dengan efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020 dan pemeriksaan kepatuhan atas penanganan pandemi Covid-19 di Kota Denpasar.

Penandantanganan serah terima LHP dari BPK RI untuk Pemkot Denpasar dilaksanakan Plh. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan secara umum sesuai dengan pemeriksaan dari BPK perwakilan Bali untuk pemerintah Kota Denpasar, efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020 sudah cukup efektif.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Namun masih ada catatan terkait dengan kesesuaian dengan peraturan perundangan di dalam pengunaan anggaran serta pelaksanaan di lapangan, seperti terkait masalah metode pelaksanaan Swab berbasis PCR, evaluasi tentang kontak erat kasus serta laporan kasus yang terintegrasi dengan daerah maupun nasional.

“Kita masih ada waktu untuk melakukan perbaikan dan memang perlu untuk diperbaiki sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari,” katanya.

Lebih lanjut, Jaya Negara mengatakan meskipun masih ada beberapa kekurangan mengingat kasus Covid-19 masih dalam proses pembelajaran dan masih dicari solusi untuk penanggulangan bahkan di tingkat nasional maupun dunia. Namun pihaknya tetap akan segera menindaklanjuti dan menjadi prioritas sehingga kemanfaatan dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat.

“Kami akan berusaha untuk memaksimalkan kekurangan kami sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Plh. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira mengatakan pemeriksaan ini merupakan bagian dari strategi pemeriksaan komprehensif BPK (Audit Universe) yang dilaksanakan secara serentak pada Semester II 2020 untuk seluruh entitas pusat dan daerah.

Pemeriksaan kinerja dimaksudkan untuk menilai efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020 pada Pemerintah Kota Denpasar. Sasaran pemeriksaan pengelolaan atas empat hal yaitu penelurusan kasus (tracing), pengujian (testing), perawatan (treatment) serta sosialisasi dan edukasi guna mengubah perilaku masyarakat dalam rangka penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Berdasarkan hasil pemeriksaannya, BPK menyimpulkan bahwa Pemerintah Kota Denpasar cukup efektif dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020.

“Hal ini terlihat dari upaya Pemkot Denpasar di dalam mencegah penularan Covid-19 sehingga mitigasi kasus dan penelurusan kontak eratnya dapat segera dilaksanakan,” katanya.

I Gusti Ngurah Satria Perwira dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi Pemkot Denpasar dalam pelaksanaan tindak lanjut yang mendapat nilai tinggi. (humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News