Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARUntuk membentuk karakter anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Pendidikan bersama Bunda Paud Kabupaten Gianyar menyerahkan berbagai bantuan kepada siswa dan sekolah Paud/TK Negeri di Gianyar, Selasa (8/12/2020).

Bunda Paud Kabupaten Gianyar yang sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan sudah sepantasnya pemerintah Kabupaten Gianyar memberikan bantuan kepada TK Negeri, baik TK Pembina maupun TK Hindu.

“Dalam hal ini karena memang Kabupaten Gianyar boleh memberi bantuan kepada TK Negeri. Sehingga dari 13 TK,baik TK pembina maupun TK Hindu yang ada di Gianyar diberi bantuan berbasis budaya,” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Di samping pemberian bantuan berbasiskan budaya seperti Gong Baleganjur kepada sekolah, Pemkab Gianyar juga memberikan bantuan tempat makanan dan minuman (Tumbler) kepada siswa sebagai upaya pengurangan sampah plastik. “Dalam hal melakukan pembinaan pengurangan sampah plastik kita berikan bantuan tumbler untuk membiasakan siswa membawa makanan dan air sendiri, terbiasa membawa botol minum sendiri,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Kembali Laksanakan Lomba Napak Tilas Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Pemberian tumbler juga sebagai upaya menjaga kesehatan siswa. Apalagi menjelang diberlakukannya kegiatan belajar mengajar tatap muka yang diharapkan siswa bisa menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Pemberian tumbler merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam upaya pengurangan sampah plastik. “Hal tersebut sesuai dengan program pemerintah untuk pemilahan sampah plastik. Disini pemerintah tidak hanya memberi ucapan namun membantu alat minum dan makan sehingga mampu mengurangi sampah plastik,” tambahnya.

Selain bantuan berupa tumbler juga diberikan bantuan berupa alat permainan edukatif yang bertujuan memberikan motivasi dan merangsang anak untuk melakukan berbagai kegiatan guna menemukan pengalaman baru yang bermanfaat untuk eksplorasi dan bereksperimen.

Bantuan Gong dari Pemkab Gianyar melalui Disdik Kab Gianyar diberikan kepada 4 sekolah yang belum menerima bantuan tersebut, seperti TK Negeri Hindu Kumara Santhi Guwang Kecamatan Sukawati, TK Negeri Hindu Widya Kumara Kecamatan Payangan, TK Negeri Hindu Mahawidya Batuan Sukawati, TK Negeri Hindu Tunas Wangi Bona Blahbatuh.

Bantuan peralatan kesenian musik lainnya seperti drumband juga diberikan kepada sekolah TK Negeri Hindu Kumara Santhi Guwang Kecamatan Sukawati, TK Negeri Hindu Kerta Winangun Santi Tulikup Kecamatan Gianyar, TK Negeri Hindu Widya Craya Peliatan Ubud, TK-SD Satu Atap Negeri 1 Kendran Tegalalang.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menekankan bantuan gong baleganjur dan drum band diberikan kepada sekolah negeri yang memang belum mendapatkan tahun lalu. “Kenapa 4 sekolah saja yang dapat Gong Baleganjur atau Drum Band? Banyak yang nanya. Jadi 9 sekolah yang lainnya sudah diberikan bantuan serupa tahun lalu. Jadi biar adil kita kasih sisanya yang lagi 4,” tandas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Dalam kesempatan tersebut juga disalurkan bantuan pakaian sekolah dan alat tulis kepada 150 siswa TK dan SD yang kurang mampu, dimana dananya bersumber dari CSR Bank BPD Bali. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News