Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGPasca banjir yang melanda wilayah Jalan Pulau Lombok, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Bali, lintas instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), serta Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) melakukan pembersihan lumpur di wilayah tersebut.

Pembersihan lumpur tersebut dilakukan pagi hari dari pukul 08.00 – 11. 00 WITA, Sabtu (26/12/2020). Dikonfirmasi melalui saluran telepon, Kepala BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana menjelaskan drainase di wilayah tersebut sebenarnya sudah cukup besar. Banjir yang terjadi disebabkan oleh sumbatan sampah yang menutup drainase tersebut. Ada pula sampah-sampah kayu yang menyumbat drainase di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Empat Akun Medsos Dilaporkan Oleh Perbekel dan Tokoh Masyarakat Sidatapa ke Polres Buleleng 

“Sampah-sampah kayu tersebut menyumbat beton di drainase yang dibuat oleh masyarakat. Rencana akan dibongkar sedikit berdasarkan hasil koordinasi dengan DPUTR,” jelasnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh BPBD Buleleng dalam menghadapi cuaca ekstrem. Salah satunya dengan terus mengedukasi masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrem di musim penghujan ini. Termasuk bekerja sama dengan Disperkimta dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon yang besar di pinggir jalan raya.

“Semua kita lakukan. Pengoptimalan Tim Reaksi Cepat juga dilakukan agar penanganan bencana yang bersifat insidental bisa segera dilakukan,” ucap Suadnyana.

Suadnyana pun mengatakan mitigasi bencana terus dilakukan oleh Pemerinah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui lintas instansi. Peran Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana juga sangat besar dalam hal ini. Seperti pencanangan penanaman pohon di daerah hulu dan pembersihan aliran sungai yang rutin dilakukan. Sehingga, Buleleng masih dalam kondisi landai atau aman dalam masa cuaca ekstrem di musim penghujan ini.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News