Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

Disisi lain, pengakuan lain juga diberikan oleh Tersangka Zulkarnaen alias Aris Sumarsono, yang merupakan otak dari kasus Bom Bali I, dalam video wawancara yang juga dirilis oleh Mabes Polri, pada Minggu (20/12/2020). Yang mengatakan dirinya memang ikut terlibat langsung dalam pembetukan Tim Qosh tesebut, dan memiliki peran sebagai koordinator dari kelompok Jemaah Islmaiah (JI). Dalam video tersebut, Zulkarnen juga mengungkapkan langsung, bagaimana kronologis dan perannya dalam kasus Bom Bali I.

“Saya waktu itu dapat undangan Ham Bali untuk datang ke Medan. Kemudian di Medan dia mengatakan bahwasanya, kita perlu adakan amaliat untuk orang asing. Setelah saya balik, saya kumpulkanlah kawan–kawan dari Tim Qhos itu, yang diantaranya ada, Muklas, Damah, Ali Imron, Tomo, Omer, Abdul Matin, dan lainnya. Yang waktu itu pertemuannya di rumah Hernianto, ini ada pesan dari Ham Bali, untuk melakukan amaliat untuk orang–orang asing. Kemudian ada usulan, wah itu Bali itu,” ujar Zulkarnaen, Tersangka dalang Bom Bali I.

Baca Juga :  Badung Peringati Hari Jadi Ibu Kota Kabupaten Badung Mangupura Ke- 8

Lalu dalam pertemuan tersebut, dibentuklah satuan tugas dalam perencanaan pengeboman Bali. Seperti pelibatan Amrozi dan Ali Imron yang tugasnya mengumpulkan jihandak. Juga Abdul Matin dan Umar Patek yang mempunyai tugas membuat switch. Serta Mukhlas yang berperan dalam pengumpulan dana. Dalam rentan waktu seminggu kemudian, baru diadakannya pertemuan untuk melancarkan strategi jihad dalam peristiwa Bom Bali I.

Hingga sampai berita ini dimunculkan, aparat Kepolisian melalui Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror masih terus memantau jaringan teroris yang ada di Indonesia. Dan selama rentan waktu dari November–Desember 2020 juga telah dilakukan penangkapan terhadap 23 terduga teroris yang merupakan anggota kelompok JI yang saat ini telah digiring ke Mabes Polri untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini