Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARBelajar lewat daring bagi anak-anak TK sangat berbeda dengan anak-anak di tingkat SD, SMP maupun SMA, jauh lebih susah. Guru harus pintar-pintar bersiasat, karena pada jenjang Pendidikan di TK adalah lebih banyak diisi dengan permainan.

Hal ini ditegaskan oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra kala menyerahkan bantuan paket buku dan alat mewarnai pada TK/PAUD di Kecamatan Gianyar, Selasa (3/11/2020).

Apapalgi suasana pandemi ini buku mewarnai sangat penting, bisa dikerjakan di rumah. Menurut Bunda Adnyani Mahayastra apalagi kalau daring untuk anak TK tentu lebih susah dibandingkan dengan anak SD hingga SMA. Kendalanya di anak-anak TK, tidak bisa mengikuti dengan serius sepenuhnya. Ini pentingnya peranan orang tua untuk pendampingan dan pengawasan di rumah. Sehingga anak-anak tetap bisa mengikuti proses belajar di rumah.

“Anak -anak seusia mereka sudah dipastikan tidak bisa duduk tenang memperhatikan belajar daari lewat HP, peranan orang dalam pendampingan sangat dibutuhkan, disamping juga guru harus pintar-pintar berinovasi agar pelajaran yang diberikan menarik bagi mereka,” tegas Bunda Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia ASN Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra Buka Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

Pada kesempatan itu Bunda Adnyani Mahayastra juga memberikan pengarahan tentang operasional pelaksanaan TK/PAUD yang berada di masing-masing desa. Untuk TK/PAUD yang berada di bawah yayasaan desa, dapat menggunakan dana desa untuk melaksanakan operasional TK yang ada di wilayahnya masing-masing. Karena aturan Permendes, 20 persen dari dana desa dapat digunakan untuk dana pendidikan.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Bunda Adnyani Mahayastra juga memperhatikan keberadaan Alat Peraga Edukasi (APE) luar maupun APE di dalam ruangan. Karena menurutnya pendidikan untuk anak-anak TK haruslah diberikan lewat permaianan, dan disesuaikan dengan usia mereka. Jadi keberadaan APE sangat perlu diperhatikan baik itu dari segi keragaman maupun keamanannya. Alat permaianan tidak boleh membahayanakan anak-anak, harus aman.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

“Buku paket ini memberikan bantuan pada TK/PAUD di Kabupaten Gianyar. Semoga dengan tambahan buku ini bisa menambah kreatifitas anak-anak di rumah. Sambil mewarnai bisa juga sambil belajar mengenal huruf, nama binatang, nama buah dan lain sebagainya,” imbuh Bunda Adnyani Mahayastra.

Bantuan paket buku mewarnai untuk kecamatan Gianyar, diberikan untuk TK Kumara Santhi di Desa Sumita, TK Yadnya Santi Kumara di Desa Bakbakan dan TK Putra Sentana di Desa Siangan. Bantuan serupa juga diberikan untuk Kecamatan Blahbatuh TK. Widya Stana Kumara di Desa Keramas, Kecamatan Sukawati di TK Sila Candra III di Desa Batubulan, untuk Kecamatan Ubud di TK Tunas Mekar Desa Mas, TK Dewata Kumara II Kedewatan, untuk Kecamatan Payangan TK Tirta Kumara, di Desa Melinggih Kelod dan TK Kartini di Desa Melinggih. Sedangkan untuk Kecamatan Tegallalang di TK Sesana Kumara, Desa Tegallalang dan di Kecamatan Tampaksiring untuk TK Prama Kerti di Desa Pejeng Kaja, TK Lila Kumara di Desa Pejeng Kangin dan TK Darma Kerti Sanding di Desa Sanding.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Ketua DWP Kabupaten Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya, Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun dan pengurus PAUD Kabupaten Gianyar.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News