TMMD
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setiap pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di seantero wilayah Indonesia banyak membawa cerita baik bagi Satuan Tugas TMMD maupun warga di lokasi pelaksanaan program tersebut.

Seperti halnya pada TMMD ke-109 Kodim 1611/Badung Tahun Anggaran 2020 di Dusun/Banjar Kertajiwa, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Selama separuh waktu pelaksanaan TMMD dari target 30 hari, secara umum interaksi antara Satgas dan masyarakat terjaga baik dan kondusif.

Made Ayu yang saat ini berjualan dadakan di sekitar lokasi TMMD menyambut baik dan senang dengan dilaksanakannya program TMMD di Desa Kesiman Kertalangu. Menurutnya, dengan dibangunnya jalan usaha tani yang sekaligus sebagai jalur jogging track maka akan menambah fasilitas yang ada di Desa Budaya Kertalangu sebagai desa wisata di wilayah Kota Denpasar.

“Jalur jogging tracknya tambah luas kemudian usaha dagangan tiyang (saya) juga laris karena kehadiran Bapak-bapak TNI yang bekerja di sini banyak yang belanja, terima kasih saya juga punya penghasilan,” ucapnya polos.

Baca Juga :  Wairjen TNI Serahkan Hasil Audit Kinerja Itjen TNI Periode IV Kepada TNI Wilayah Bali Nusra

Hal yang sama diungkapkan Ni Putu Mega, warga dari Desa Budaya Kertalangu yang juga berjualan di areal TMMD tersebut.

“Saya merasa senang atas kehadiran Bapak-bapak TNI dari waktu Pra TMMD sampai dengan pelaksanaanya bisa memberikan penghasilan lebih buat warung saya karena semakin ramai,” ujarnya.

Walau situasi pandemi Covid-19, ia melihat personel TNI bersama warga bekerja keras dan dirinya merasa salut atas antusias tersebut untuk menyelesaikan semua sasaran.

“Terima kasih semua pihak, baik TNI dan Pemerintah Kota Denpasar karena pembangunan yang dilakukan lewat TMMD ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mulai ada jalan usaha taninya untuk tempat jogging, pokoknya fasilitas ini selesai akan sangat bermanfaat bagi aktivitas keseharian warga,” sebut Putu Mega.

Cerita juga datang dari Ni Made Ariyani yang ingin tahu pelaksanaan TMMD Kodim 1611/Badung kali ini. Dirinya memanfaatkan hari libur tepatnya hari Minggu untuk datang ke lokasi TMMD. Wanita yang punya hobi olahraga ini mengaku senang ketika melihat pembangunan jalan usaha tani yang juga bermanfaat untuk fasilitas jogging atau olahraga.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Optimalkan Retribusi Tower untuk Genjot PAD

“Senang melihat Bapak-bapak TNI yang lagi kerja membangun jalan. Pagi-pagi Bapak-bapak kita sudah memukuli batu, angkut pasir dan semen untuk membuat senderan jalan. Kita sangat senang melihat semangat mereka dalam bekerja,” ucapnya sambil menyapa anggota Satgas TMMD yang lagi bekerja.

Salah seorang tokoh agama setempat, Jero Mangku Dalem mengatakan sangat bersyukur sekali dengan adanya TMMD ke-109 di wilayah desanya. Program TMMD ini akan sangat membantu warga setempat. Sebagai Pemuka Agama Hindu, dirinya bersama warga senantiasa berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh personel Satgas TMMD Kodim/Badung senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan serta semua program sasaran dapat berjalan aman lancar dan tercapai sasarannya, serta hasilnya dapat dinikmati warga.

Tokoh masyarakat setempat mulai dari Kepala Dusun atau Kelian Banjar Kertajiwa, Banjar Tangguntiti hingga Kepala Desa Kesiman Kertalangu I Made Susena, ST, mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-109 Kodim 1611/Badung bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar.

“Kami berterima kasih atas semua kerja keras Satuan Tugas TMMD ke-109 Kodim Badung dalam menuntaskan sasaran fisik dan non fisik selama sebulan, kami sangat yakin TMMD ini akan selesai tepat waktu dan hasil pelaksanaannya akan dapat dinikmati warga,” ungkapnya. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar