Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARPujawali Pura Banjar Badak Sari, Desa Sumerta Kelod dilaksanakan bertepatan dengan rahina Purnama Sasih Kelima dan Tumpek Krulut pada Sabtu (31/10/2020).

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra pun turut hadir serta ngaturang sembah bhakti pujawali didampingi Kabag Kesra Kota Denpasar, Made Raka Purwantara, Sekretaris Kecamatan Denpasar Timur, Made Tirana serta prajuru Banjar Badak Sari. Pelaksanaan upacara pun digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Klian Banjar Badak Sari, I Made Adi Wirajaya dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pujawali di Pura Banjar Badak Sari, Desa Sumerta Kelod dilaksanakan setiap Purnama Kelima. Dimana, mengingat saat ini sedang masa penanganan Covid-19, pujawali dilaksanakan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan, adapun rangkaian upacara sudah dilangsungkan sejak pukul 06.00 Wita yang diawali dengan ngaturang piodalan. Dilanjutkan dengan persembahyangan oleh masyarakat selaku pengempon pura secara bergiliran. Usai seluruh rangkaian persembahyangan, panyineban akan dilaksanakan pada sore harinya.

Baca Juga :  Penutupan Bulan Bahasa Bali VI, Generasi Muda Diharapkan Aktif Lestarikan Bahasa Bali di Tengah Pengaruh Budaya Global

“Rangkaian upacara sudah dilaksanakan sejak pukul 06.00 Wita dan untuk penyineban akan dilaksanakan sore hari, untuk menerapkan protokol kesehatan maka persembahyangan dilaksanakan bergiliran dengan menyediakan sarana protokol kesehatan lainya,” jelasnya.

Sementara Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pujawali di Pura Banjar Badak Sari yang dilaksanakan ini merupakan momentum untuk bersama-sama meningkatkan sradha dan bhakti umat kepada sang pencipta. Selain itu, momentum ini juga dapat menjadi ajamg mulatsarira sebagai wahana meningkatkan spiritualitas sebagai umat manusia.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Pemasangan Penjor Ngerebong STT Se-Desa Kesiman

“Tentu kami berharap momentum ini dapat menjadi wahana mulat sarira, meningkatkan sradha bhakti serta mohon anugrah untuk dapat menjalankan dan melewati tantangan hidup saat ini, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, keberuntungan dan keselamatan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Rai Mantra. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News