Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Audit Kinerja Itjen TNI Periode IV TA 2020 telah melaksanakan pemeriksaan di Jajaran TNI wilayah Bali Nusra mulai 28 September dan berakhir pada Kamis (22/10/2020) yang ditandai penyampaian taklimat akhir oleh Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI, Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto, S.E., bertempat di Ruangan Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Wairjen TNI membacakan sambutan Irjen TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc., pada intinya menyampaikan hasil audit kinerja Itjen TNI periode IV TA 2020 di Komando/Satuan TNI wilayah Bali Nusra terkait penyelenggaraan kegiatan Operasi Pamtas RI-RDTL, Operasi Pengamanan VVIP, Operasi Teritorial, dan Operasi Pengamanan Pulau Terluar.

Selain itu disampaikan juga penekanan terkait pemeriksaan yang telah dilaksanakan, yaitu rekomendasi yang disampaikan oleh Perwira Pemeriksa melalui Atensi Hasil Audit (AHA) agar segera ditindaklanjuti dan diselesaikan secara tuntas, sehingga tidak terjadi temuan berulang.

Baca Juga :  Melebihi Batas Izin Tinggal, WNA Asal Denmark Dideportasi dari Bali

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya menyampaikan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang intinya, bahwa setelah tim melaksanakan pemeriksaan terhadap kinerja maupun anggaran dan perbendaharaan di Kotama/Satuan TNI wilayah Bali Nusra, tentunya tim telah mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan program kerja satuan serta informasi tentang kondisi satuan sebagai obyek pemeriksaan. Hal ini sangat penting bagi para Komandan Satuan sebagai cermin yang obyektif untuk mengukur dan melihat sejauh mana ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari program yang dilakukan.

Unit audit internal sudah menjadi bagian dari solusi yang mampu memberikan rekomendasi perbaikan dan mampu mengeliminir penyebab yang sistemik dari suatu penyimpangan. Peran konsultatif, pendampingan dan perbaikan manajemen melalui bimbingan, pemberian petunjuk menjadi salah satu titik berat peran internal audit saat ini.

Baca Juga :  Kodim Jembrana Kembali Serahkan Ratusan Bantuan Paket Sembako

Untuk itu, segala bentuk temuan yang diperoleh oleh Tim Itjen TNI mari kita segera perbaiki sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Acara taklimat akhir yang juga dilaksanakan penyerahan pernyataan hasil audit oleh Wairjen TNI kepada Kasdam IX/Udayana (perwakilan dari TNI AD), Danlanal Mataram (perwakilan dari TNI AL) dan Danlanud Eltari Kupang (perwakilan dari TNI AU), serta dihadiri oleh para Pejabat TNI wilayah Bali Nusra dan Tim Audit Itjen TNI tersebut berlangsung aman, tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here