Benih Ikan Nila
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1611/Badung Tahun Anggaran 2020 di Banjar Kertajiwa, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, diisi dengan kegiatan non fisik guna melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan sekaligus meningkatkan produksi ikan air tawar untuk masyarakat.

Untuk mewujudkan program itu, Satgas TMMD menggandeng Karang Taruna Kota Denpasar dan Dinas Perikanan Kota Denpasar menebar 20.000 ekor benih ikan Nila di Sungai Ulun Carik, Desa Kesiman Kertalangu, Jumat (16/10/2020).

Selain untuk melestarikan keanekaragaman ikan air tawar, penebaran benih ikan Nila di sungai ini juga bertujuan untuk memberikan penghasilan tambahan bagi warga Banjar Kertajiwa yang ada di sekitar sungai.

“Kalau ikannya sudah besar dan berkembang biak, warga bisa mengambil dengan cara memancingnya,” sebut Pasiter Kodim 1611/Badung Mayor Inf I Made Mustika.

Mayor Inf I Made Mustika berharap masyarakat turut menjaga  kelestarian sungai dengan biota air tawarnya.

“Mancing boleh, tapi kalau ikannya sudah besar dan jangan sekali-kali menangkap atau mencari ikan dengan cara menggunakan obat, bisa habis ikannya kalau menggunakan obat,” tegasnya.

Baca Juga :  Aparat Penegak Hukum di Bali Berintegrasi Cegah Korupsi

Dipilihnya ikan Nila karena jenis ikan air tawar ini mudah berkembang biak. Jadi dengan ditebarnya ikan ini diharapkan semakin berkembang biak dan warga sekitar dapat menikmati hasilnya untuk pemenuhan gizi keluarga. (dar/bpn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here