Pelatihan Wartawan Ekonomi
Suasana hari kedua Pelatihan Wartawan Ekonomi. Sumber Foto : dar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pelatihan Wartawan Ekonomi yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali berlangsung tertib dan penuh semangat di Hotel Griya Santrian, Sanur, Denpasar.

Pada hari kedua, Kamis (15/10/2020) para peserta yang merupakan wartawan dari media cetak, elektronik dan online mendapat pemaparan beberapa materi yang sangat bermanfaat, diantaranya perkembangan ekonomi Indonesia di era new normal; integrasi dan akselerasi ekonomi dan keuangan digital sebagai bagian upaya pemulihan ekonomi; pentingnya uji kompetensi bagi wartawan; serta wartawan dan lembaga dalam kode etik.

Seperti disampaikan Kepala KPw BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho pada hari pertama (pembukaan), bahwa dibutuhkan peran strategis media sebagai mitra dalam mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan BI kepada masyarakat.

“Pentingnya memberikan gambaran terkait visi, misi, tugas dan peran strategis BI kepada media baik melalui artikel maupun peliputan kegiatan langsung khususnya terkait peran KPw BI Provinsi Bali di masa pandemi Covid-19 saat ini, dapat menjadi salah satu sarana dalam memberikan informasi kepada stakeholder maupun masyarakat luas,” ujar Trisno.

Baca Juga :  Kunjungi Pasar Satria, Amerta Gagas Digitalisasi UMKM

Dikatakan, media BI di Bali sering diikutsertakan dalam peliputan ekonomi, QRIS, PSBI, dan lain-lain, sehingga pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai pembekalan dan pemahaman kepada wartawan terkait kebanksentralan, khususnya isu strategis dan kebijakan terkini BI.

“Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan sebagai garda terdepan dalam penyebaran informasi khususnya kebijakan BI kepada masyarakat,” pungkas Trisno.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, yakni 14-16 Oktober 2020. (dar/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here