Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGSebanyak delapan desa di Kabupaten Buleleng, Bali menjalin kerja sama antar desa di berbagai bidang menjadi Kawasan Perdesaan Denbukit. Kerja sama dilakukan untuk pengembangan potensi dan juga pemecahan masalah di masing-masing desa.

“Delapan desa tersebut adalah Desa Panji, Desa Panji Anom, Desa Wanagiri, Desa Selat, Desa Ambengan, Desa Tegallinggah, Desa Sambangan di Kecamatan Sukasada dan Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng. Delapan desa ini akan menjadi Kawasan Perdesaan Denbukit,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/10/2020).

Jaya Sumpena menjelaskan kerja sama ini dilakukan untuk lebih mengembangkan potensi ataupun memecahkan permasalahan yang mungkin terjadi antar desa tersebut. Tahap awal, delapan desa ini bersepakat menunjuk satu kreator yaitu Perbekel (Kepala Desa) Baktiseraga, Gusti Putu Armada. Kreator diperlukan sebagai koordinator untuk mengumpulkan apa saja yang perlu dikerjasamakan. “Kreator akan mengirim surat ke tujuh desa mengenai apa bentuk kerja sama yang akan dilakukan,” jelasnya.

Untuk menentukan bentuk kerja sama yang akan dilakukan, delapan desa harus melakukan musyawarah desa (musdes) terlebih dahulu. Musdes diperlukan agar menemukan bentuk kerja sama dan masyarakat desa tersebut mengetahui tentang kerja sama antar desa yang akan dilakukan. Keputusan tidak bisa diambil oleh perbekel saja.

Baca Juga :  HIPMI Buleleng Gelar Rakercab dan Perkenalkan ‘Buleleng Apps’ untuk Tingkatkan Konektivitas Bisnis

“Selanjutnya, dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa. Lalu, terbitlah Peraturan Desa (Perdes) Kerja sama,” ucap Jaya Sumpena.

Setelah Perdes terbit, Jaya Sumpena mengungkapkan dibentuklah Badan Kerja sama Antar Desa (BKAD). BKAD ini yang mengatur kerja sama yang berjalan. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bersama juga akan dibentuk untuk menjalin kerja sama guna meningkatkan pendapatan desa. Untuk melakukan koordinasi selanjutnya, dibentuk Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (KPKP) Kabupaten Buleleng yang diketuai Sekda Buleleng dan anggotanya adalah instansi terkait yang dikerjasamakan oleh desa.

Baca Juga :  Dukung UMKM, Pj Bupati Lihadnyana Bahas Perlindungan Hukum Produk Lokal Buleleng

“Sampai saat ini ada tiga hal muncul yang akan dikerjasamakan yaitu pengelolaan air, pariwisata, dan keamanan. Tim Kecil dari Dinas PMD memfasilitasi agar kerja sama segera dilakukan. Nanti kawasannya ada Peraturan Bupati (Perbup) yang terbit,” ungkapnya.

Kerja sama kawasan perdesaan ini sejalan dengan apa yang dicanangkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengenai “The Spirit of Sobean”. Dalam penentuan potensi yang terbaik di Buleleng, pemetaan masing-masing wilayah sangat diperlukan. Ini diperlukan mengingat masing-masing wilayah atau desa memiliki keunggulan tersendiri. “Dengan kerja sama antar desa ini menguatkan apa yang menjadi potensi desa masing-masing dan saling mendukung,” katanya.

Dengan kerja sama ini pula, promosi akan semakin mudah mudah. Satu desa bisa juga menjual atau mempromosikan produk desa lainnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng juga siap mempromosikan secara maksimal potensi-potensi yang ada misalnya lewat Dinas Pariwisata jika tentang pariwisata atau PD Swatantra tentang penyerapan hasil pertanian. “Kita promosikan secara maksimal tentang hal ini,” lanjut Agus Suradnyana.

Baca Juga :  Satpol PP Buleleng Lakukan Pemeriksaan Duktang di Pelabuhan Celukan Bawang

Sementara itu, Kreator yang juga Perbekel Desa Baktiseraga Gusti Putu Armada memaparkan secara informal kerja sama sebenarnya sudah dilakukan. Namun, dengan langkah-langkah kerja sama ini seluruh pihak yang berkejasama ingin membentuk suatu legal formal sehingga ada dasar hukumnya.

“Kita sudah terus bekerja. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 ini, kita sambil jalan dan diusahakan tahun 2021 sudah berjalan,” paparnya.

Kerja sama yang dibangun melihat potensi desa masing-masing. Dimana di bagian atas seperti Wanagiri dan sekitarnya ada banyak sumber air. Pengelolaan air tersebut bisa dikerjasamakan sehingga bisa memberikan manfaat bagi desa yang sudah bekerjasama. Selain itu, potensi pariwisata juga dimiliki. Baik itu desa-desa di atas seperti Wanagiri, Sambangan dan Panji. Begitu pula dengan Desa Baktiseraga dengan pantainya.

“Itu yang mungkin akan kita kerjasamakan sambil menunggu Musdes tujuh desa lainnya,” tutup Armada.(humas-bllng/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News