Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kembali menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia dari anak KK miskin. Pelatihan bekerjasama dengan LPK Balindo Paradiso  dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Selasa (27/10/2020). Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya dan Direktur LPK Balindo Paradiso Kadek Hendra Juli Hartwan.

Bupati Suwirta menyampaikan menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan pelatihan sangat penting dilakukan. Sebab, langkah cepat ini bertujuan mempersiapkan para peserta pekerja migran untuk berangkat ke kapal pesiar jika situasi sudah kembali normal. Program ini juga merupakan inovasi Pemkab Klungkung dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Baca Juga :  Wujudkan Bali Net Zero Emission Dimulai dengan 100 Persen Energi Terbarukan di Nusa Penida pada 2030

“Kita melaksanakan pelatihan ini untuk menyambut situasi normal, saat itu anak-anak kita sudah siap untuk berangkat ke kapal pesiar,” ujar Bupati Suwirta.

Jika program ini sudah berhasil, maka pihaknya juga akan mengundang sebanyak-banyaknya anak dari KK miskin. Pihaknya akan memberikan mereka kail untuk berangkat ke kapal pesiar agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. “Ikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik, dan jadilah contoh melepaskan diri dari garis kemiskinan,” harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya menyampaikan kegiatan ini merupakan pelatihan gelombang ke-2 yang diikuti 15 orang dari seluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan secara daring dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes). (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News