Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Kebersihan itu sangat penting dijaga, mari dimulai dari kesadaran diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan rumah maupun lingkungan sekitar agar tetap terjaga bersih dan nyaman. Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri kegiatan World Clean Up Day Indonesia 2020 di Pantai Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (19/9/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti mejaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Dalam arahannya tersebut, sejumlah pesan disampaikan Bupati Suwirta terkait penanganan sampah plastik di Kabupaten Klungkung. Bupati berharap kesadaran masyarakat menjaga lingkungan harus terus ditingkatkan terutama jangan sampai ada yang membuang sampah plastik di pinggir pantai. “Mari bersama-sama jaga kedisiplinan dan kesadaran untuk menjaga lingkungan, mulai dari diri sendiri jangan sampai ada yang membuang sampah plastik di pinggir pantai agar ikan maupun terumbu karang di laut tidak hancur akibat sampah plastik,” harap Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga meminta agar seluruh masyarakat ikut bersama-sama mendukung program inovasi Pemkab Klungkung, yakni Gema Tansaplas (Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik). Pihaknya pun mengaku akan segera mensosialisasikan ke masing-masing desa untuk menggenjot semangat warga menyelesaikan masalah sampah plastik ini. “Edukasi ini agar dilakukan ke pelosok-pelosok desa agar kesadaran menjaga kebersihan lingkungan tetap dijaga dengan baik,” pinta Bupati Suwirta kepada masing-masing Perbekel.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Anak Agung Ngurah Kirana mengatakan kegiatan ini  merupakan aksi bersih-bersih pantai yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, alam, suku dan rasa untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Baca Juga :  Wujudkan Bali Net Zero Emission Dimulai dengan 100 Persen Energi Terbarukan di Nusa Penida pada 2030

Sebelumnya, Bupati Suwirta juga menghadiri kegiatan ini di Pantai Pura Watu Klotok. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News