Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesadaran dalam berkendara ditengah kondisi intensitas kasus Covid-19 yang makin meningkat khususnya di Bali, Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Bali selalu berupaya melakukan sosialisasi bagaimana berkendara yang baik dan bijak.

Melalui media webinar, Astra Motor Bali mengajak Mitra Ojol untuk sharing mendengarkan berbagai hal terkait edukasi keselamatan berkendara dan bagaimana selalu sehat saat berkendara. Dengan dipandu oleh Team Safety Riding Astra Motor Bali materi awal yang disampaikan kepada 23 peserta adalah pentingnya helm dan masker untuk melindungi diri dengan selalu #Cari_Aman di jalan, dan #Cari_Sehat dengan cara simple yaitu menggunakan masker yang baik dan benar serta selalu jaga jarak mengikuti protokol kesehatan.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan dengan kondisi saat ini edukasi yang berikan dengan metode online webinar adalah salah satu upaya untuk tetap mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pengetahuan berkendara yang baik dan benar. Karena beberapa faktor utama penyebab kecelakaan baik itu dari sisi lingkungan yaitu kondisi jalan, kondisi cuaca, pengguna jalan lain. Maupun dari sisi berkendara diantaranya perawatan yang kurang baik dan modifikasi yang berlebihan/tidak tepat yang tentunya juga didukung oleh faktor  manusia karena kurangnya pengetahuan berkendara yang tepat,tehnik berkendara,kondisi fisik dan kondisi emosi.

Baca Juga :  Pujawali di Pura Dang Kahyangan Petitenget Akan Digelar Sehari

“Kami berharap edukasi melalui webinar ini bisa sebagai salah satu bentuk konsisten kami menularkan virus safety riding dengan selalu #Cari_Aman dan juga #Cari_Sehat dengan menggunakan masker sebagai pelindung wajah dan mulut untuk menghindarai virus atau debu yang masuk. Selain itu menjaga kondisi fisik dan selalu mengutamakan protokol kesehatan menjadi prioritas perhatian kami saat webinar berlangsung,” ungkap Iswahyudi.

Dalam pemaparan materi yang dilakukan sekitar 2 jam ini, peserta diwajibkan untuk mengikuti pre test dan post test sebagai bentuk pemahaman peserta dari sebelum edukasi disampaikan hingga setelah selesai edukasi melalui quisis yang sangat menarik dan hadiah berupa gopay.

Selain ini persiapan sebelum berkendara wajib diketahui peserta diantaranya menyiapkan helm standar SNI, riding shoes, jaket untuk melindungi diri, protector dan gloves.

Hal yang terpenting kembali diingatkan oleh team safety riding yang dibawakan oleh Yosept Klaudius adalah bagaimana posisi berkendara yang tepat untuk tipe skuter. “Seperti yang dilihat di jalan raya, kebanyakan masyarakat Bali lebih memilih tipe matik sebagai sarana kendaraan sehari-hari termasuk aktivitas Ojol. Posisi yang menjadi perhatian utama diantaranya mata, Pundak, siku, tangan pinggul lutut kaki yang kesemuanya harus seimbang sehingga terhindar dari rasa lelah dan kaku,” ungkap Yoyo.

Baca Juga :  Lepas Peserta "Gasbro", Sekda Rai Iswara Ajak Bangkitkan Pariwisata Sanur

Diakhir sesi peserta sangat antusias menanyakan penggunaan masker yang baik dan benar saat menggunakan helm fullface dan pemilihan masker yang tepat untuk digunakan saat berkendara di jalan raya. Salah Satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan seminar ini sangat bagus karena banyak pengetahuan yang penting didapatkan mulai dari posisi berkedara yang tepat, menggunaan masker saat berkendara dan persiapan yang wajib diketahui oleh rider, serta banyak hadiah melalui games seru yang diberikan dalam acara ini.(r/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here